Daftar Kategori: Berita


REKTOR KEMBALI LANTIK PEJABAT BARU
Abadi Wijaya Jumat, 22 Juni 2018 . in Berita . 209 views
1513_pelantikan-pejabat-baru.jpg
Abdussakir menandatangani SK sebagai Ketua Program Studi S2 Pendidikan Matematika

GEMA-Rektor Uiniversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang kembali melantik sembilan pejabat baru di UIN Maliki Malang. Pelantikan tersebut berdasarkan SK Rektor Nomor 3546/Un.3/HK.00.5/06/2018 tentang pengangkatan pejabat di UIN Maliki Malang.
Rektor UIN Maliki Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag menegaskan bahwa pengangkatan pejabat baru tersebut didasarkan adanya empat prodi baru dan adanya pergantian pimpinan dua lembaga di UIN Maliki Malang (8/6).
“Saya berharap semua pimpinan yang dilantik ini bisa mengemban amanah dengan sebaik-baiknya dan mengerahkan semua kemampuannya untuk pengembangan dan kemajuan kampus tercinta ini,” harapnya.
Berikut nama-nama pejabat baru yang dilantik:
1.Wahyu Hengki Irawan, M.Pd sebagai Ketua Jurusan S1 Tadris Matematika
2.Imam Rofiki, M.Pd sebagai Sekretaris Jurusan S1 Tadris Matematika
3.Dr. Langgeng Budianto, M.Pd sebagai Ketua Jurusan S1 Tadris Bahasa Inggris
4.Ahmad Nurul Kawakip, sebagai Sekretaris Jurusan S1 Tadris Bahasa Inggris
5.Dr. Mukhammad Amin Hariyadi sebagai Ketua Jurusan S1 Perpusatakaan dan Ilmu Informasi
6.Dr. Abdussakir, M.Pd sebagai Ketua Program Studi S2 Pendidikan Matematika
7.Dr. Elly Susanti, M.Sc sebagai Sekretaris Program studi S2 Pendidikan Matematika
8.Muchlis Fuadi, S.Kom sebagai Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD)
9.Ernaning Setiyowati, ST.MT sebagai Kepala Pusat Studi Sains dan teknologi

Sumber : Humas, Dokumentasi dan Publikasi UIN Maliki Malang

Lebih Lanjut »
LAUNCHING MAJELIS ZIKR WA AL-TA’LIM UIN MALANG
Abadi Wijaya Kamis, 31 Mei 2018 . in Berita . 368 views
1512_lch.jpgGEMA-Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag meresmikan Majelis Zikr Wa Al-Ta’lim UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Acara launchingnya dilaksanakan di Gedung Sport Center (SC) yang dihadiri oleh para jajaran rektorat, para dekan dan wakilnya, jajaran pimpinan mahad Sunan Ampel Al’Ali beserta seluruh mahasantri terdiri berbagai jurusan (30/5).

Dalam sambutannya Prof. Haris tidak banyak kata. “Untuk mengimplementasikan konsep Ulul Albab, Hari Rabu, 30 Mei 2018 ini UIN Maulana Malik Ibrahim secara resmi membuat Majelis Zikr wa Al-Ta’lim,. Dengan mengucap Bismillahirohmaanirrohiim maka majelis ini saya resmikan”, jelasnya. Sambil disambut tepuk tangan yang begitu meriah dari semua yang hadir terutama dari para mahasantri. Kemudian beliau pun meminta kepada Dr. H. Isroquunajah dan Dr. H. M. Zainuddin, M.Ag untuk memberikan doa sebelum nantinya acara dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah dan buka puasa bersama.
Di lain kesempatan, menurut hasil wawancara dengan ketua Senat Universitas, Dr.H.A Muhtadi Ridwan, M.Ag. Terkait majelis zikr, menurut beliau hal itu sesuai dengan ajaran yang ada di agama Islam, yaitu setiap muslim dianjurkan untuk selalu mengingat Allah. “Hal ini khususnya majelis ditujukan untuk seluruh civitas akademika UIN Malang dan warga masyarakat di sekitar universitas agar hatinya menjadi tenang karena sesuai ajaran agama kita bahwa melalui zikr itu bisa membuat hati setiap manusia menjadi tenang. Ide ini sangat bagus dan tentu memiliki harapan lain yaitu untuk membangun komunikasi dan interkasi tidak hanya di dalam dan di luar kampus”,terangnya.
Selanjutnya tentang Ta’lim itu adalah wajib bagi semua orang karena mencari ilmu itu adalah kewajiban yang dimulai sejak seseorang lahir sampai nanti meninggal jadi tidak ada batas waktunya. “Majelis ini adalah penyediaan sarana tentu yang terkait dengan soal-soal kajian keagamaan jadi secara umum prinsipnya kami atas nama senat UIN Malang mengapresiasi ide yang sangat bagus ini dan mudah-mudahan bisa dilaksanakan secara istiqomah, kontinyu dan bisa diikuti oleh banyak pihak baik yang di internal kampus ataupun di eksternal kampus”, harapnya. (ptt)

 

Lebih Lanjut »
DWP UIN MALANG GELAR PASAR SEMBAKO MURAH
Abadi Wijaya Jumat, 25 Mei 2018 . in Berita . 262 views
1509_pasar-ramadan.jpg
SEMBAKO MURAH: Ketua DWP Hj. Rif’ah Khoriyah Harits menyerahkan sembako murah kepada Abd. Karim karyawan UIN Malang. Jumat, (25/5).


GEMA-Hari ini, Jumat (25/5) Darma Wanita Persatuan (DWP) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar pasar murah bagi karyawan non-PNS di lingkungan UIN Malang.
Oparasi pasar sembako murah itu hanya berlangsung tiga jam saja yaitu pukul 08.00-11.00 WIB bertemapt di depan kantor DWP UIN Malang.
Stok yang disediakan DWP hanya 100 paket saja. Jumlah paket sembako yang terbatas membuat karyawan hanya mendapat 1 kali jatah pembelian saja. Itupun tidak semua karyawan mendapatkan jatah tersebut. DWP hanya membidik karywan cleaning service, dan security saja.
Mereka cukup membayar 50 ribu saja untuk mendapatkan beras 5 Kg. Gula Pasir 1 Kg, Minyak Goreng 1 Kg dan Mie Instan 3 bungkus.
Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Pro. Dr. Abdul Haris, M.Ag meminta agar DWP UIN Malang tidak hanya menggelar oprasi pasar murah ini di bulan ramadan saja. Akan tetapi kalau bisa dilakukan setiap bulan sekali. “Semoga kegiatan seperti ini bisa diselenggarakan setiap bulan sekali,” harapnya.
Ketua DWP UIN Malang Hj. Rif’ah Khoriyah Harits menjelaskan bahwa oprasi pasar sembako murah ini memang sengaja digelar untuk membantu para karyawan UIN Malang yang kurang mampu. Dia berharap dengan diadakannya oprasi pasar sembako murah ini bisa sedikit membantu para karyawan dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka.
“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya di bulan ramadan saja, Akan tetapi diluar bulan suci ini juga bisa menggelar sembako murah seperti ini,” harapnya.
Para karyawan sangat antusias mengantri membeli sembako murah yang digelar DWP UIN Malang tersebut. Karyawan yang hendak membeli sembako murah harus menunjukkan kupon yang telah diberikan oleh panitia.
Seperti Abdul Karim, salah satu karyawan non PNS ini berharap agar kegiatan pasar murah ini bisa terus diadakan di UIN Malang. Pasalnya, pihak kampus jarang mengadakan kegiatan seperti ini. “Ini baru pertamakali darma wanita mengadakan kegiatan pasar sembakomurah untuk karyawan,” terangnya.
Selain itu, Para karyawan juga berharap kepada pihak kampus agar tidak hanya mengadakan kegiatan tersebut di bulan ramadan saja. Akan tetapi, jika memungkinkan ada paket sembako gratis bagi karyawan yang kurang mampu. “Saya berharap pihak kampus terus memperhatikan nasib karyawannya yang membutuhkan,” harapnya.

Lebih Lanjut »
LAKUKAN ANALISIS GENDER SAAT RANCANG KEBIJAKAN
Iffatunnida Kamis, 24 Mei 2018 . in Berita . 293 views
1507_psga.jpg

GEMA-Sebagai follow-up dari kegiatan Implementasi Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Maret lalu, Unit Pusat Studi Gender dan Anak mengadakan Sosialisasi PPRG untuk seluruh staf perencanaan di seluruh unit dan fakultas di UIN Malang, Kamis (24/5).
Kegiatan ini menghadirkan pakar gender, Sutiah untuk mendampingi staf perencanaan dalam menyusun dokumen Anggaran Responsif Gender. Setiap peserta diminta membawa dokumen anggaran tahun 2019 untuk selanjutnya dianalisis bersama sebelum diajukan ke pihak kampus.
Dalam kesempatan itu, Sutiah menyamakan persepsi bahwa setiap program dan kebijakan yang disusun lembaga harus responsif gender. “Artinya, program tidak dirancang dengan pandangan netral, ada kelompok-kelompok yang harus menjadi pertimbangan,” jelasnya.
Sehingga, lanjutnya, program pembangunan yang dicanangkan akan ramah bagi setiap gender dan kelompok marginal lainnya. Seperti kaum difabel. Ia memandang, tidak semua institusi memperhatikan analisis gender dalam konstruksi pembangunannya.
Akibatnya, sarana-prasarana yang dibangun tidak mencakup semua kaum. “Kurangnya fasilitas tangga atau lajur untuk kaum difabel, tidak adanya smoking area dan ruang laktasi,” sebut Sutiah sebagai dampak absennya analisis gender.
Sosialisasi PPRG dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung Rektorat Lt. 3. Acara dibuka oleh Kabiro AUPK, Mahfudh Shodar. (nd)

Lebih Lanjut »
SAMBUT RAMADAN, UIN MALANG SANTUNI DUAFA DAN ANAK YATIM
Abadi Wijaya Kamis, 24 Mei 2018 . in Berita . 260 views
1506_santunan-ramadan.jpg
KH. Camzawi menyerahkan bantuan sembako kepada salah satu dhuafa. Rabu (23/5).

GEMA-Rektor Uiniversitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag bersama Kepala Pusat Kajian Zakat dan Wakaf (el-Zawa) UIN Malang sambut ramadan dengan memberikan santunan kepada kaum duafa dan anak-anak yatim, Rabu (23/5).
Kegiatan santunan yang berlangsung di ruang rektor itu diikuti 10 anak yatim, 30 duafa yang diambil di dua desa yaitu Desa Sumersari dan Ketawang Gedhe Kecamatan Lowok Waru Kota Malang dan 79 karyawan duafa UIN Malang. Total ada 120 peserta. Menurut Staf El-Zawa Idrus Andy Rahman menjelaskan bahwa pelaksanaan santunan ini sudah yang ke 15 kalinya sejak Desember 2017. “Kegiatan ini sebagai bentuk realisasi program el-zawa dalam membantu masyarakat yang kurang mampu,” paparnya.
Sementara itu, Rektor UIN Malang, Prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag dalam sambutannya meminta agar masyarakat dan seluruh warga UIN Malang bersama-sama saling mendoakan agar keberadaan kampus UIN Malang ini semakin berkah dan kegiatan santunan ini bisa terus berjalan dengan istiqomah. “Saya berharap Bapak Ibu juga ikut berkontribusi aktif kepada kampus ini dengan membantu doa agar kampus ini semaikn berkah dan warganya diberikan kesehatan serta lulusan kampus ini memiliki ilmu yang bermanfaat,” harapnya.
Selain itu, tambah dia, semoga yang memberikan santunan ini bisa istiqomah, semakin ikhlas dan bisa terus menambah amalnya. Dan semoga masyarakat yang berada di sekitar kampus UIN Malang bisa memilki kepedulian terhadap kampus ini untuk terus menjalin tali silaturahim. “Sementara untuk karyawan UIN Malang yang mendapatkan santunan bisa meningkatkan kinerjanya agar bekerja semakin produktif dan ikhlas,” tegasnya.
Di akhir acara, KH. Chamzawi memberikan sedikit mauidho hasanah sebelum para undangan tersebut menikmati buka bersama para pimpinan UIN Malang.

Lebih Lanjut »
UM-PTKIN CBT LANCAR
Abadi Wijaya Selasa, 22 Mei 2018 . in Berita . 187 views
1505_cbt-ok.jpg
SERIUS: Pserta UM-PTKIN CBT tampak serius mengerjakan soal ujian. Selasa (22/5).

GEMA-Pelaksanaan ujian UM-PTKIN khususnya kategori ujian computer based test (CBT) berjalan dengan lancar. Semua komputer yang tersedia bisa digunakan ujian dengan baik tanpa ada gangguan sama sekali.
Dalam pelaksanaan ujian tersebut, setiap soal ujian tidak ada yang sama, sehingga hal itu untuk meminimalisir saling contek dari peserta ujian CBT. Sehingga peserta diharapkan bisa lebih fokus mengerjakan soal ujiannya masing-msaing. Setiap ruangan terdiri dari satu pengawas ujian dan 20 peserta ujian. Dalam pelaksanaan ujian CBT kali ini diikuti 180 peserta yang terbagi dalam 9 kelompok ujian.
“Jumlah total peserta CBT ada 180 peserta, semua melaksanakan ujian di gedung Fakultas Saintek,” papar Kabiro AAKK Achmad Heru Achadi.

Lebih Lanjut »
HARI INI, UM-PTKIN SERENTAK DI SELURUH INDONESIA
Abadi Wijaya Selasa, 22 Mei 2018 . in Berita . 376 views
1503_ujian-umptkin-serentak.jpg
PANTAU LANGSUNG: WR I Dr. Zainuddin, MA memantau pelaksanaan ujian UM-PTKIN di gedung B Lt.1 (22/5).


GEMA-Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi jalur UM-PTKIN hari ini, Selasa (22/5) serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Jumlah total PTKIN se-Indonesia yang mengikuti jalur ujian tersebut sejumlah 55 perguruan tinggi. Dari jalur seleksi UM-PTKIN ini ada dua kategori ujian, yaitu ujian tulis dan computer based test (CBT). Khusus untuk CBT UM-PTKIN tersedia 3580 kursi di seluruh PTKIN se Indonesia.
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, salah satu perguruan tinggi yang mengikuti jalur ujian UM-PTKIN tersebut. Tahun ini yang mengikuti ujian di UIN Malang berjumlah 2397 peserta dengan rincian IPA 66, IPS 2016, IPC 135 dan CBT 180 peserta. Khusus untuk ujian CBT berada di Lab Komputer Fakultas Saintek Lt.3.
Ketua Pelaksana ujian UM-PTKIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dr. Zainuddin, MA menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian UM-PTKIN tahun ini sangat lancar dan sesuia dengan prosedur. “Alhamdulillah, hasil sidak di lapangan semua peserta ujian UM-PTKIN dilayani dengan baik, sehingga pelaksananya berjalan dengan kondusif dan tertib,” paparnya saat di temua di lokasi uijian.
Zainuddin menjelaskan bahwa, tahun ini UIN Malang memiliki tujuh jalur yaitu jalur SNMPTN, SPAN PTKIN, SBMPTN, UMPTKIN, Jalur Mandiri Tulis, Jalur Prestasi dan Mahasiswa Asing. “UM-PTKIN merupakan jalur yang ke empat di UIN Malang,” paparnya.
Sementara itu, Salah satu peserta asal Jombang, Miftahul Ulum saat ditanya soal isi ujian menjelsakan bahwa secara keseluruhan soal yang diujikan cukup sulit. Akan tetapi, ada beberapa soal yang bisa dijawab dengan baik. “Saya sedikit kesulitan menjawab soal yang jawabannya banyak mengecohkan konsentrasi saya khusunya bahasa Arab,” paparnya.

 

Lebih Lanjut »
H-1 UM-PTKIN, PENGAWAS DIBERI ARAHAN
Iffatunnida Senin, 21 Mei 2018 . in Berita . 176 views
1502_pengawas.jpg

GEMA-Sehari menjelang pelaksanaan Ujian Masuk-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), seluruh pengawas dan penanggung jawab ruang mendapat arahan dari panitia, Senin (21/5).
Gladi resik di Aula Gedung Rektorat Lt.5 tersebut mengarah pada beberapa aturan baru tahun ini.
Mujtahid, Ketua Panlok UM-PTKIN, menjelaskan, peserta ujian tidak akan membawa pulang salinan soal TKD (Tes Kemampuan Dasar). Berbeda dengan tahun sebelumnya. Namun, peserta diizinkan membawa salinan soal IPA dan IPS. “Itu info dari panitia pusat,” tutur Mujathid.
Jika sebelumnya peserta menulis pernyataan dengan bolpoin, tahun ini semua data diri dalam LJU ditulis dengan pensil. “Harap pengawas tidak terpaku pada kebiasaan beberapa tahun belakangan,” imbuhnya.
Mengawali informasi pembekalan, Mujtahid menyampaikan pula jumlah peserta tes tahun ini. Sejumlah 2397 peserta terdaftar dan tervalidasi untuk mengikuti UM-PTKIN pada (22/5).
Jumlah peserta didominasi oleh peserta kategori IPS sebanyak 2016. Diikuti oleh peserta kategori CBT (Computer-Based Test) sebanyak 180, IPC sebanyak 135, dan IPA 66. Wakil Rektor Dr. Zainuddin juga turut hadir untuk memberi informasi kepada pengawas dan penanggung jawab ruang. (nd)

Lebih Lanjut »
PROGRAM BARU, 469 MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH SIAP PKL!
Iffatunnida Senin, 21 Mei 2018 . in Berita . 134 views
1501_pkl.jpg

GEMA-Seperti sedianya, pra Praktik Kerja Lapangan (PKL) didahului dengan pembekalan, Selasa (15/5). Tahun ini, Fakultas Syariah menyeragamkan tempat PKL di seluruh Lembaga Peradilan di Jawa Timur. Ketua Pengadilan Agama Kota Malang Wedhayati, MH dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kota Malang Dr. Lilik Muliana, MH. memberi pengantarnya di Aula Gedung Rektorat Lt.5.
Baharudin Susamto, Sekretaris Jurusan Hukum Bisnis Syariah (HBS), menjelaskan, sebelumnya mahasiswa juga ditempatkan di lembaga keuangan. “Pihak fakultas memutuskan hal ini agar mempermudah hubungan dan koordinasi terhadap lembaga terkait,” imbuhnya.
Tak hanya itu, ia melanjutkan, mahasiswa yang lulus menempuh PKL tak hanya mendapat nilai di KHS. Mereka juga akan diberi sertifikat sebagai penunjang pasca kuliah nantinya.
Fakhruddin, Ketua Panitia PKL, menuturkan jumlah mahasiswa Fakultas Syariah tahun ini yang memprogram PKL ialah 469. Mahasiswa dari tiga jurusan tersebut akan ditempatkan di enam lembaga.
Yaitu, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Pengadilan Niaga, Pengadilan Hubungan Industrial, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dan Pengadilan Tata Usaha Negara.
Dalam materi pembekalannya, Dr. Lilik Muliana, MH. berpesan agar mahasiswa dapat menyeimbangkan teori dan praktik. Segala materi yang telah dipelajari dalam kelas sudah saatnya diterapkan secara riil.
Ia juga mewanti-wanti agar mahasiswa tidak terlalu terpaku pada materi. “Kalian harus open-mind ketika melihat fakta yang terkadang tidak sesuai materi kuliah,” jabarnya.
Rencananya, pihak fakultas akan melihat peluang MoU (Momerandum of Understanding) untuk PKL berikutnya. Lembaga Politik dan Lembaga Keuangan di Jawa Timur akan menjadi target kerjasama. (mir/ofi/nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up