Daftar Kategori: Berita


300 CALON MAHASISWA IKUT SELEKSI PBSB
Iffatunnida Senin, 14 Mei 2018 . in Berita . 191 views
1490_pbsb.jpg

GEMA-Setelah SBMPTN, UIN Malang menjadi lokasi pelaksanaan tes PBSB (Program Beasiswa Santri Berprestasi), Senin (14/5). Tes dilakukan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2018-2019. Selain menjadi lokasi tes, ujian tersebut sekaligus sebagai jalur masuk alternatif calon mahasiswa yang ingin kuliah di UIN Malang.
Abdul Aziz, Kabag Kemahasiswaan dan Alumni, menyatakan tes jalur PBSB dilakukan serentak di berbagai daerah. Regional Jawa Timur terpusat di UIN Malang. Ujian menggunakan Computer-Based Test. Karena menyesuaikan jumlah fasilitas, peserta terbagi di dua sesi. Sesi pertama pukul 07.00 WIB sedangkan sesi kedua pukul 12.30 WIB.
Jumlah peserta tes jalur PBSB ialah 300 calon mahasiswa dari berbagai pondok pesantren. Pihak UIN Malang menerima 20 calon mahasiswa dari jalur tersebut. “Namun, untuk UIN Malang, persyaratan ditambah dengan memiliki hafalan 10 juz al Quran,” tambah Aziz.
PBSB merupakan program masuk perguruan tinggi yang dirintis Kementerian Agama. Jalur ini khusus ditujukan bagi santri pondok pesantren berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan tingginya. Kemenag berharap agar santri yang berprestasi dapat menunjukkan kapasitasnya di ilmu umum. “Sehingga cita-cita generasi berwawasan luas dan berakhlak mulia bisa tercapai,” jelas Aziz.
Melalui Kabag Kemahasiswaan dan Alumni, pihak kampus berharap, nantinya mahasiswa jalur PBSB benar-benar serius dalam menimba ilmu. Selain itu, program penambahan hafalannya pun harus semakin digiatkan. “Kami ingin mereka menyelesaikan kuliahnya selama 8 semester dengan lancar,” tuturnya. (syf/nd)

Lebih Lanjut »
PKPBI: AGAR MAHASISWA TAK SALAH PAHAM
Iffatunnida Senin, 14 Mei 2018 . in Berita . 113 views
1489_iec.jpg

GEMA-Banyaknya mahasiswa yang tertunda karena permasalahan perkuliahan Bahasa Inggris Intensif, menginisiasi pihak PKPBI (Program Khusus Perkuliahan Bahasa Inggris) untuk bersosialisasi. Dikemas dalam Intensive English Program-Class Orientation, Ketua PKPBI Dr. Syamsudin menyampaikan program unitnya di depan mahasiswa semester dua, Senin (14/5).
Ia kembali mengingatkan jika UIN Malang memiliki program bilingual yang wajib ditempuh di tahun pertama dan kedua. Program tersebut tentu untuk mendukung cita-cita kampus menjadi World Class University. “Therefore, all UIN Malang students must be able to speak at least these two foreign languages,” jelasnya.
Kedua bahasa asing tersebut, lanjutnya, banyak digunakan oleh warga dunia. Untuk merambah dunia internasional, setidaknya, seseorang harus bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. “Bagaimana kita mau maju jika bahasa asingnya tidak dipelajari dengan serius?” tegas pria kelahiran Yogyakarta tersebut.
Ibnu Wahyurianto, bagian akademik PKPBI, kemudian menjelaskan lebih mendalam mengenai kelas Bahasa Inggris Intensif. Ia meluruskan beragam kesalahpahaman yang sering muncul dalam pelaksanaannya. “Karena sudah berjalan bertahun-tahun, makanya untuk teman-teman yang akan menempuh semester depan, semoga tidak ada lagi masalah,” tuturnya.
Kebanyakan, kata Ibnu, mahasiswa menyangka jika kelas Bahasa Inggris Intensif bersifat sunnah. Padahal, kelas tersebut wajib dihadiri oleh mahasiswa yang memprogram mata kuliah Bahasa Inggris 1 dan 2. “Mereka mengira kelas tersebut tidak resmi padahal ini adalah program kampus yang di-menej oleh PKPBI,” jelas dosen asal Trenggalek ini.
Sosialisasi kelas Bahasa Inggris Intensif tersebut bekerjasama dengan pihak Pusat Ma’had al Jami’ah. Pihak PKPBI sengaja mengundang mahasiswa semester dua yang berdomisili di ma’had agar tidak ada miskomunikasi di semester mendatang tentang perkuliahan Bahasa Inggris. (nd)

Lebih Lanjut »
REKTOR UIN MALANG BUKA RENAS PERENCANAAN PTKIN SE-INDONESIA
Abadi Wijaya Kamis, 10 Mei 2018 . in Berita . 200 views
1488_rektor-opening-renas.jpg


GEMA-Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang prof. Dr. Abd. Haris, M.Ag membuka kegiatan rembuk nasional perencanaan PTKIN seluruh Indonesia di hotel Savana Kota Malang. Pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gong itu di saksikan oleh 237 perencanaan dari PTKIN seluruh Indonesia (9/5).
Dalam pembukaan renas kali ini, Prof. Haris didampingi ketua forum wr 2, ketua forum biro AUPK, Ketua biro, ketua forum perencanaan PTKIN se-Indonesia dan kepala bagian perencanaan Pendis. Usai pemukulan gong, Rektor UIN Malang memberikan penyematan ID peserta Renas, serta mengalungkan shal yang bertuliskan UIN Maliki Malang ke salah satu peserta. “Saya berharap, renas ini bisa menghasilkan keputusan yang bisa memajukan PTKIN seluruh Indonesia,” harapnya.

 

Lebih Lanjut »
OPENING RENAS SPEKTAKULER
Abadi Wijaya Kamis, 10 Mei 2018 . in Berita . 96 views
1487_psm-tampil.jpg


GEMA-Mengawali pembukaan rembuk nasional perencanaan PTKIN se-Indonesia yang bertempat di Hotel Savana panitia menyuguhkan pembukaan renas dengan spektakuler. Faktanya, dalam pembukaan tersebut ratusan peserta renas dibikin takjub dengan beberapa penampilan dari siswa MAN II Kota Malang dan tim paduan suara UIN Malang (9/5).
Dalam kesempatan tersebut tim paduan suara berkolaborasi dengan tim Rhythem of Employment (ROE) serat tim seni dari MAN II Kota Malang. Mereka menampilkan seni beladiri Pencak Silat serta Wushu dan Tari Saman. “Penampilan ini diberi nama Global Culture, karena didalamnya terdapat beberapa seni yang dikolaborasikan menjadi kesatuan yang indah, ada bela diri, music dan tari,” ungkap Kepala Perencanaan UIN Malang Imam Bani Mustaliq yang sekaligus Sekretaris Ketua Pelaksana Renas PTKIN se-Indonesia.

Lebih Lanjut »
RENAS PERENCANAAN PTKIN SE-INDONESIA
Abadi Wijaya Kamis, 10 Mei 2018 . in Berita . 87 views
1486_openingg.jpg


GEMA-Seluruh perencanaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melaksanakan rembuk nasional di Kota Malang. Kegiatan yang dijadwalkan selama empat hari itu akan ditutup pada tanggal 12 Mei 2018.
Kepala Biro AUPK yang sekaligus Ketua panitia Rembuk Nasional (Renas) Perencanaan PTKIN Mahfud Shodar menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan amanah undang-undang pasal 7 nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi. Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa perguruan tinggi memiliki tanggung jawab yang mencakup peraturan, perencanaan, pengawasan, pemantauan dan evaluasi serta pembinaan dan kordinasi untuk mencapai kesepahaman dalam menyusun program dan anggaran untuk pendidikan Islam. “Untuk itu diperlukan rembuk nasional PTKIN seluruh Indonesia seperti ini,” terangnya.
Upaya penyempurnaan rencana kerja PTKIN diperlukan pendekatan perencanaan partisipatik sepert renas ini. Pendekatan ini merupakan proses perencanaan yang bersifat topdown dan bottom up. “Maka diperlukan buku panduan dalam peraturan menyusun program anggaran tersebut,” terangnya.
Renas ini, kata dia, sebagai tindakan konkrit dalam rangka meningkatkan tatakelola dan pengetahuan dalam memahani regulasi peraturan terkait perencanaan agar memiliki persepsi yang sama.
Dalam sambutan laporan kepanitiaan Renas, Mahfud menjelaskna bahwa peserta renas PTKIN kali ini diikuti 58 PTKIN se-Indonesia dengan rincian 17 UIN, 34 IAIN, 7 STAIN. “Jumlah peserta secara keseluruhan mencapai 237 orang,” paparnya.
Kegiatan renas kali ini juga dihadiri langsung oleh Direktorat sekjen Pendis Kemenag RI,Sekretaris Dirjen Pendisi Kemenag Ri, Direktorat Pendidikan Tinggi Iptek dan Kebudayan, Bapenas, Subdit Anggaran II DJA, kepala bagian perencanaan direktoratjenderal pendiiakn islam. “Pak Dirjen dijadwalakna akan hadir pada hari ini Kamis (10/5) untuk memberikan materinya kepada peserta renas,” pungkasnya.

Lebih Lanjut »
RENAS: GUNAKAN PRESENSI DIGITAL
Abadi Wijaya Kamis, 10 Mei 2018 . in Berita . 73 views
1485_qr.jpg


GEMA-Presensi rembuk nasional Perencanaan PTKIN se-Indonesia di Kota Malang dilakukan dengan alat digital. Staf PTIPD UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Muchlis Fuadi, S.Kom menjelaskan bahwa awal dibuatnya aplikasi program digitalisasi presensi dengan scan barcode tersebut berawal dari permintaan Kabiro AUPK Mahfud Shodar.
Dia meminta dibuatkan presensi peserta dengan cara digitalisasi data presensi, sehingga, hal ini diupayakan bisa lebih mempermudah panitia dan peserta dalam melakukan presensi dan pembuatan laoran kegiatan. Aplikasi yang dibuat super cepat tersebut diabikin dengan cara menterjemahkan permintaan dari pimpinan yang kemudian dirumuskan dalam coding digitalisasi yang menjadi dasar diciptakan karya absensi scan barcode tersebut.
“Aplikasi presensi dengan QR ini baru pertamakali digunakan dalam kegiatan rembuk nasional di PTKIN,” tutur Muchlis.
Cara kerjanya cukup mudah, cukup install terlebih dahulu aplikasi tersebut di laptop, lalu koneksikan ke internet, sehingga peserta yang sudah daftar secara online tersebut otomatis akan mendapatkan barcodenya masing-masing. “Untuk memanfaatkan aplikasi tersebut, peserta cukup menunjukkan QR nya di depan laptop dan dengan mudah aplikasi QR ini akan mndeteksi identitasnya,” terangnya.
Dengan diciptkannya aplikasi QR ini, kata dia, diharapkan bisa mempermudah para peserta dan panitia dalam mendeteksi kehadiran para peserta. “Semoga, aplikasi QR ini bisa terus dikembangkan dan bisa memberikan manfaat dan kemudahan bagi para penggunanya,” harapnya.

Lebih Lanjut »
2780 PESERTA SBMPTN DI 139 RUANG
Iffatunnida Rabu, 9 Mei 2018 . in Berita . 98 views
1483_ujian.jpg

GEMA-139 ruang kelas di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi tempat ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) kelompok IPC, Selasa (8/5). Sebanyak 2780 calon mahasiswa serentak melaksanakan ujian pada pukul 07.00 WIB hingga 14.30 WIB.
Sebagai sub panitia lokal Malang, UIN Malang telah mempersiapkan segala kebutuhan ujian. Sebagaimana yang dituturkan Kepala Biro AAKK, Achmad Heru, pihaknya menyiapkan ruangan serta sejumlah pengawas sesuai standar ujian.
Bagi 180 peserta yang mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Heru menyatakan telah menyiapkan fasilitas kelompok tersebut. “Segala kebutuhan UTBK telah disiapkan dan dicek berulang kali untuk meminimalisir eror,” jelasnya.
Dengan segala fasilitas yang disiapkan UIN Malang, pihak kampus berharap agar calon mahasiswa bisa fokus mengerjakan ujian. “Kami ingin para calon mahasiswa mengerjakan dengan tertib tanpa mencontek sehingga tidak ada pihak yang dirugikan,” ujar Heru.
Fita Mutiara, salah satu peserta SBMPTN, merasa fasilitas di UIN Malang membuat dia nyaman. Suasana yang tenang membantunya untuk konsentrasi menjawab soal-soal. “Cuma tadi kaget saja saat dengar bel tanda ujian berakhir. Terlalu keras,” tambah gadis asal Kalimantan itu. (aqa/nd)

Lebih Lanjut »
RIBUAN CAMABA IKUTI TES SBMPTN
Abadi Wijaya Selasa, 8 Mei 2018 . in Berita . 114 views
1482_sbmptn-ok.jpg

GEMA-Hari ini Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) tahun 2018 serentak digelar di seluruh Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia. Dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru (maba) kali ini UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) menjadi Panitia Lokal (Panlok) 55 Malang. Selasa (8/5).
Kali ini giliran UB yang menjadi ketua Panlok 55 Malang. Pelaksanaan SBMPTN tahun ini berbeda dengan yang sebelumnya. Pasalnya ada tim monitoring dan evaluasi (monev) dari DIKTI Prof. Dr. Rina Indiastuti yang ditugaskan sebagai panitia khusus (Pansus). “Jadi tahun ini memang istimewa karena baru kali ini ada panitia pusat sehingga nanti akan ada ada informasi langsung dari beliau terkait monevnya,” kata Rektor UB Dr.Ir. Muhammad Bisri, MS saat diwawancarai di lapangan.
Panlok 55 Malang, kata Bisri, tahun 2018 ini pendaftar SBMPTN sebanyak 38.890 peserta. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 8,6 % dibandingkan tahun 2017. Pelaksanaan ujian SBMPTN kali ini terbagi dalam tiga kelompok, yaitu UIN Malulana Malik Ibrahim untuk kelompok ujian campuran, UB untuk kelompok ujian Sosial Hukum (SosHum) dan kelompok ujian Sains Teknologi (Saintek) oleh UM. “Dari jumlah tersebut yang memilih Ujian Tulis Berbasis Cetak sebanyak 16.310 peserta untuk kelompok ujian Saintek, 17.242 peserta di kelompok ujian SosHum dan sisanya 3.588 peserta pada kelompok ujian campuran yang dilaksanakan oleh UIN Maliki Malang,” ujarnya.
Sementara itu, dalam konferensi pers dengan para reporter dari berbagai media, Rektor UIN Malang Prof. Abd. Haris menuturkan bahwa pelaksanaan seleksi SBMPTN tahun ini memang lebih bagus. Pasalnya, pelaksanaannya langsung dipantau tim monev dari pusat. “Hal ini membuktikan bahwa Panlok 55 Malang melakukan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh,” jelasnya.
Selain itu, rektor asal Lamongan ini berharap, semoga dengan adanya kegiatan seleksi SBMPTN ini semua PTN bisa memperoleh calon mahasiswa yang unggul dan terbaik. “Sehingga bisa mengantarkan peserta calon mahasiswa baru (camaba) memperoleh formasi studi yang sesuai keinginannya,” harapnya. (ptt/aj).

Lebih Lanjut »
RAGAM TEMA ENGLISH BAZAR
Iffatunnida Jumat, 4 Mei 2018 . in Berita . 125 views
1481_bazar.jpg

GEMA-Mahasiswa jurusan non-Bahasa Inggris yang memprogram mata kuliah Bahasa Inggris turut serta meramaikan penutupan English Exposures & Bazaar, Jumat (4/5). Acara yang dihelat oleh Program Khusus Pengembangan Bahasa Inggris ini digelar di Gedung Sport Center. Mahasiswa perwakilan jurusan mengusung tema yang beragam.
Seperti yang terlihat di stan milik Jurusan PIAUD, yang banyak memamerkan kerajinan tangan. Karena beberapa tugas di jurusan yang mewajibkan pembuatan keterampilan, bazaar ini dijadikan wadah untuk menjual hasilnya.
Lain lagi di stan milik Jurusan Teknik Arsitektur. Selain memajang beberapa karya dari mata kuliah bidang studinya, mereka juga memajang beragam lukisan. Semua adalah karya tangan mahasiswa.
Berbeda lagi yang diperlihatkan oleh Jurusan Matematika. Mengusung tema Halloween, stan dihias serba gelap. Bahkan mahasiswa yang menjaga stan pun berkostum seram, seperti Hantu Valak dan Drakula. “Kami persiapkan ini selama dua minggu” tutur Dwi Miftahul Jannah.
Septia Dwi Jayanti, tim juri bazar, menyatakan panitia tak hanya melihat kreativitas yang diperlihatkan dalam penataan stan. Presentasi tema stan hingga kemampuan responsif peserta juga dijadikan faktor pertimbangan pemilihan juara. Kemampuan komunikatif peserta dan pengunjung stan pun diperhatikan panitia.
Pengunjung bazar, lanjut Septi, juga berkesempatan mendapatkan hadiah dari panitia. “Setiap bukti transaksi jual-beli nantinya akan diundi oleh panitia untuk diberi doorprize,” jelasnya. Cara ini dilakukan agar banyak mahasiswa yang berpartisipasi dalam acara tahunan PKPBI tersebut. (nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up