Jalur Mandiri: Perketat Seleksi dan Junjung Sportivitas
Abadi Wijaya Selasa, 1 Juli 2014 . in Berita . 5748 views
299_mandiri.jpg

GEMA-Dimulai hari ini, UIN Maliki selengggarakan seleksi masuk mahasiswa baru jalur mandiri.

Sesi pertama yaitu jalur mandiri prestasi (30/6) dan jalur mandiri tulis senin hingga selasa (30/6-1/7). Terdaftar dalam jalur mandiri tulis sebanyak 1188  peserta dan jalur mandiri prestasi sebanyak 179 peserta. Pada jalur mandiri prestasi sendiri mencakup beberapa jenis prestasi. Mulai dari jenis prestasi olahraga, prestasi seni dan prestasi hafal al-Quran. “Dari jalur mandiri ini hanya tersedia 586 kuota, baik dari mandri tulis maupun prestasi,” ungkap Ketua Biro Administrasi Kampus (BAK) Dra. Hj. Chalidah.

Wanita alumni Kampus Ulul Albab tersebut menuturkan bahwa untuk tes jalur mandiri akan diperketat. Husus jalur mandiri prestasi al-Quran, peserta dengan hafalan fariatif mulai dari 5, 10, 15, 20, hingga 30 juz akan diuji hafalannya. Apakah peserta tersebut benar-benar memenuhi hafalan al-Quran yang telah diajukan atau tidak. Team penguji sendiri adalah dosen-dosen yang telah sempurna hafalan al-Qurannya dan dari ustadz Hai’ah Tahfidz al-Quran (HTQ) .  “Husus untuk tes mandiri tulis, akan diujikan pula tes baca tulis al-Quran,” paparnya.

Mensikapi terjadinya kecurangan, ia meyakinkan bahwa tidak ada istilah mahasiswa titipan. Wanita kelahiran Malang tersebut juga menuturkan bahwa semua peserta jalur mandiri yang akan diterima murni hasil ujian yang telah diikuti. “Panitia sudah susah payah berusaha mempersiapkan soal dan akomodasi, dan tidak mungkin hal itu akan diselewengken,” tuturnyan. Terkait jalur mandiri luar negeri, ia menuturkan bahwa untuk tahun ini kemungkinan akan dibatasi. Meninjau akan beberapa hal, yaitu karena efesiensi anggaran pemerintah dan karena adanya transisi pemerintahan. “Mahasiswa asing Libia untuk tingkat S2-S3 kemungkinan akan banyak yang masuk,” pungkasnya. (Sy)

(Ajay)



UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up