Fakultas Syariah Gandeng McGill University of Canada
Abadi Wijaya Rabu, 27 Agustus 2014 . in Berita . 2013 views
344_perploncoan.jpg

 

GEMA-“Tidak puas hanya dengan prestasi dan kerjasama lingkup regional” ungkapan yang tepat untuk Fakultas Syariah kali ini.

Beberapa waktu lalu Fakultas Syariah berhasil menggandeng Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dalam mewujudkan program Double Deegre. Tidak lama kemudian Fakultas dengan basic keilmuan hukum Islam ini juga berhasil menjalin kerjasama dengan Faculty of Art McGill University, Canada.

Pertemuan kerjasama tersebut berlangsung di kantor kedutaan besar Canada di Jakarta (23-24/6). Penandatangan kerjasama pun langsung ditandatangani oleh dekan masing-masing fakultas. Dalam hal ini Fakultas Syariah UIN Maliki oleh Dr. H. Roibin, MHi. dan Faculty of Art McGill University, Canada oleh Prof. Christopher P. Manfredi. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah Dr. Sudirman, MA dan Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan dan kerjasama Dr. Fachrudin, MHi.

Kerjasama Latter of Understanding (LoU) antara Fakultas Syariah dan Faculty of Art McGill University, Canada ini didasarkan atas kesepakatan untuk bersama-sama membangun lembaga dan memajukan pendidikan setiap institusi. Ada beberapa point kerjasama yang digagas dalam pertemuan tersebut. Pertama kerjasama dalam bidang akademik secara umum seperti penelitian, konferensi, dan seminar. Kedua kesediaan untuk saling mempublikasikan artikel di jurnal. Selanjutnya point ketiga adalah kunjungan dan pertukaran mahasiswa. Keempat mengirim dosen untuk memberi kuliah tamu. Kelima kunjungan dan pertukaran staff akademik. Keenam tukar menukar informasi dan pengetahuan guna pengembangan kedua institusi. Adapun yang terakhir adalah penggabungan program-program akademik.

“Pastinya perlu ada pembahasan lebih rinci dalam hal teknis pelaksanaan masing-masing gagasan. Karena masing-masing institusi adalah penanggung jawab baik dalam teknis perencanaan dan pelaksanaannya.” ungkap dekan Fakultas Syariah Dr. H. Roibin, MHi. Dekan yang telah menjabat di tahun kedua tersebut juga mengutarakan bahwa kerjasama ini akan berlanjut kepada Memorandum of Understanding (MoU) ataupun Memorandum of Agreement (MoA). “Teknis pelaksanaan kerjasama tersebut perlu ada perjanjian yang lebih mengikat kedua belah pihak,” tuturnya. Dengan optimitas yang tinggi ia juga menegaskan bahwa kerjasama ini adalah awal yang baik dalam merealisasikan cita-cita Fakultas Syariah dalam memperluas kerjasama dengan kampus-kampus luar baik lingkup Asia dan Eropa. (Sy)

 

Ada Foto: Kiri Dekan Faculty of Art McGill University, Canada Prof. Christopher P. Manfredi, tengah dekan Fakultas Syariah Dr. H. Roibin, MHi, dan kanan Prof. Backly dalam pertemuan kerjasama di kantor kedutaan besar Canada di Jakarta (23-24/6)

 

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up