OPAK: WR I Ajak Tata Niat Kemabali
Abadi Wijaya Rabu, 20 Agustus 2014 . in Berita . 1640 views
342_opak-2014.jpg

GEMA-Pembukaan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) tahun 2014 ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Ribuan mahasiswa baru (maba) kali ini tidak menggelar pembukaan OPAK di tengah lapangan. Namun, panitia memilih gedung SC sebagai tempat pembukaan OPAK tahun ini.

Tepat Pukul 07.00 WIB pembukaan OPAK dimulai dengan pemukulan Gong sebagai simbolis. Tampak hadir para pimpinan di tingkatan rektorat hingga fakultas diantaranya WR I Dr. H. Zainuddin, WR II Dr. H. Sugeng Listyo Prabowo, WR III Dr. H. Agus Maimun serta enam Dekan dan wakil dekan Uin Maliki Malang.

Dalam sambutannya, Dr. H Zainuddin menyampiakan ucapan selamat datang kepada para generasi qur’ani di kampus ulul albab UIN Maliki Malang. Dia juga mengajak ribuan maba untuk menata niat kembali bahwa kuliah di UIN Maliki harus memiliki niat yang bersih dan tulus. Jangan sampai datang dari jauh ke Malang hanya ingin kuliah untuk mencari pekerjaan atau hanya pingin jadi orang kota saja.

Itu niat yang salah dan harus diluruskan. Pasalnya, belajar menata niat dalam mencari ilmu itu penting sehingga harus disertai dengan ketulusan hati. Niatlah mencari ilmu semata-mata hanya karena Allah SWT. Jangan kerana yang lain. “Apalagi kuliah tujuannya hanya untuk mencari pacar. Itu sangat salah dan harus ditata kembali,” ajaknya.

Masih kata Zainuddin, kenapa menata niat itu penting?, dalam setiap perbuatan hendaklah diawali dengan niat untuk ibadah. Hal ini telah diajarkan oleh Rasulullah bahwa apapun yang akan dilakukan harus diawali dengan niat yang baik dan semata-mata hanya karena Allah saja. “Dan kalian semua yang hadir di sini setatusnya sebagai musyafir dan muhajirun fi sabilillah. Datang dari rumah ke Malang untuk mencari ilmu yang manfaat,” ungkapnya.

Kampus UIN Maliki ini, tambah dia, tidak sama dengan kampus lain. Di UIN Maliki mahasiswa tidak hanya diajari soal ilmu sains saja akan tetapi juga diajari ilmu agama.  Dengan begitu, diharapkan mahasiswa UIN Maliki mampu menjadi sarjana yang memiliki keilmuan dan kearifan. “Sehingga mahasiswa UIN Maliki mampu menjadi mahasiswa yang memiliki kedalaman spiritual, kelagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional,” ungkapnya seraya disertai tepuk tangan dari peserta OPAK.

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up