Book Fair, Buku Terbitan UIN-Maliki Press Laris Manis
Abadi Wijaya Rabu, 17 September 2014 . in Berita . 3468 views

 

366_uin-press.jpg
CINTA BUKU: Mahasiswa UIN Malang Berebut Buku di Pojok Stand Pameran

 

UIN MALANG— Setelah mengikuti Orientasi Pengenalan Akademik dan Kampus (OPAK) yang diisi dengan materi sosialisasi program-program kampus dan pengenalan terhadap lingkungan kampus, mahasiswa baru UIN Maliki Malang tahun akademik 2013/2014, kembali disuguhi program ‘menarik’ dan ‘spesial’ yang dipersembahkan oleh Unit Penerbitan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN-Maliki Press).

 Acara yang digelar dalam rangka menyambut mahasiswa baru dan kegiatan perkuliahan semester Gasal Tahun akademik 2014/2013 dihelat selama dua minggu (1-5 September 2014), di Ruang Lobby Gedung B UIN Malang.

 Sejak hari pertama (1/9) stand pameran langsung diserbu mahasiswa UIN Malang, kebanyakan mahasiswa baru yang tinggal di asrama (ma’had Al-Aly). Dengan digelarnya pameran buku ini, membuat tradisi akademik dan budaya membaca mahasiswa semakin meningkat. Hal ini penting ditanamkan, lebih–lebih bagi mahasiswa baru yang masih adaptasi dengan dunia kampus.

 “Saya senang kuliah di UIN Malang ini, karena sering digelar pameran buku, sehingga saya tidak perlu jauh-jauh untuk beli buku”, kata Gencar SP, mahasiswa jurusan Teknik Informatika yang sedang melakukan riset akhir. Dalam pantauan redaksi, kebanyakan mahasiswa memburu buku-buku referensi kuliah. Selain itu tema yang banyak terjual adalah tema pendidikan, manajemen, islam popular, dan buku-buku motivasi.

 Dalam pameran kali ini, panitia menyediakan diskon khusus untuk sivitas akademika UIN Malang. Seperti yang dikatakan oleh Muhammad Idris, selaku Ketua Event Organizer (EO) Pameran kali ini, “Setiap kali menjelang perkuliahan, kami (UIN-Maliki Press, red) selalu menyelenggarakan pameran buku. Kami ingin agar mahasiswa UIN Malang dapat segera melengkapi buku referensi kuliah, sehingga belajarnya dapat lebih maksimal. Mahasiswa UIN tidak perlu jauh-jauh ke gramedia, togamas, atau toko buku wilis,’ begitu penjelasannya dengan penuh semangat. “Sebenarnya tidak hanya di sini (UIN Malang, red) kami juga pernah mengadakan road show ke beberapa kampus lain, seperti STAIN Tulungagung, STAIN Kediri, UNIPDU Jombang. Dan, program ini akan kita galakkan kembali” tambahnya.

 Selain UIN-Maliki Press, ada sekitar 35 penerbit nasional yang bergabung, di antaranya: Mizan, Gramedia, LKiS, Ar-Ruzz Media, Aditya Media, Bumi Aksara, Ghalia Pustaka, Gema Insani Press, Indeks, Bayumedia, Serambi, Prenada, Qisthi Press, Raja Grafindo Persada, Erlangga, BPFE, dan lainnya.

 Buku-buku yang dijual dalam ajang pameran kali ini pun memiliki tema yang beragam. Ada buku kategori Al-Qur’an, agama, hukum, politik, pendidikan, ekonomi dan bisnis, manajemen, psikologi, sosial budaya, bahasa dan sastra, penelitian, humaniora, MIPA, teknik, motivasi, humor, novel, dan masih banyak lainnya. Namun, panitia juga melayani pemesanan dari pelanggan, apabila ada buku yang kehabisan stok atau pas dicari tidak ada.

 Seperti yang dituturkan Lailul Khusniah, bagian customer service, “Kami akan berusaha melayani pembeli dengan sepenuh hati, jadi jangan khawatir, apabila ada buku yang Anda cari pas kosong atau habis. Anda dapat order dulu. Selain itu, apabila judul yang Anda cari belum ada, Anda dapat memesan kepada kami, dan akan segera Kami carikan,” demikian penjelasannya di hadapan pembeli yang lagi antre di depan kasir.

 Terpisah, Zainal Habib, M,Hum, selaku Direktur UIN-Maliki Press menegaskan bahwa sebagai Unit Penerbitan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, unit ini akan terus melakukan sosialisasi dan publikasi buku terbitan yang merupakan hasil karya sivitas akademika, baik yang ditulis para dosen maupun mahasiswa. Selain melakukan kerjasama dengan toko buku dan distributor, UIN-Maliki Press juga aktif berpartisipasi dalam pameran baik level lokal, regional, nasional, bahkan internasional. [ahf] 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up