Aufklarung ala Quantum Physics IV
Abadi Wijaya Jumat, 17 Oktober 2014 . in Berita . 1027 views

 394_maba-v.jpg

GEMA-Dalam rangka membantu kesiapan mahasiswa baru dalam menempuh mata kuliah yang dinilai sulit, panitia Quantum Physics IV (kuliah pengantar terpadu mahasiswa Fisika)

memberikan pembelajaran melalui penugasan-penugasan. Penugasan yang diberikan panitia sangat bergam dan membangun kesiapan mahasiswa baru, misalnya apabila ada penugasan dengan menggunakan angka, maka maba harus menyelesaikan sebuah persamaan terlebih dahulu. Kuliah terpadu untuk mahasiswa baru dengan tema Aufklarung Vers Rennaissance ini di awali dengan seminar motivasi manajemen diri (30/8) oleh dosen psikologi, Jamaludin Ma’mun, M.Si agar mahasiswa merasa termotivasi dan lebih semangat dalam menjajaki dunia perkuliahan.

Dari tema yang diusung, sangat terlihat bahwa panitia menginginkan mahasiswa baru mendapatkan pencerahan dari Quantum Physics IV tersebut, sehingga dapat melahirkan kembali sosok-sosok mahasiswa yang telah siap bergelut dengan ilmu-ilmu Fisika yang rumit, mengingat arti dari tema tersebut adalah pencerahan untuk lahir kembali. Tidak hanya pemecahan persamaan sebagai penugasan dalam rangka menggodok kesiapan mahasiswa baru, tapi juga tugas pembuatan sekaligus presentasi tentang alat peraga praktikum Fisika Dasar.

“Tahun kemarin, penugasan untuk maba sangat tidak penting dan kurang mendidik sehingga untuk tahun ini kami benar-benar mendidik maba, seperti harus memecahkan persamaan terlebih dahulu, membuat alat praktikum sampai membuat karya tulis ilmiah.Kalau tahun lalu kami ditugasi membuat alat elektronika namun sasaran kurang mengena dan maba banyak yang tidak faham,jadi kami ingin maba memiliki bekal kesiapan yang sama,” jelas Hisyam, steering committe QP IV

Selain itu, nantinnya mahasiswa baru jurusan Fisika akan di berikan pengetahuan tentang Integrasi Fisika dengan Islam (13/9) agar maba fisika faham bahwa ilmu fisika juga bisa  menjelaskan berbagai fenomena yang tertera dalam Al-Qur’an dan Islam/Al-Qur’anmerupakan inspirasi bagi ilmuwan Fisika dalam bereksperimen. (plp)

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up