ICSEBS 2014: Publikasikan Tulisan di Jurnal Internasional
Abadi Wijaya Kamis, 27 November 2014 . in Berita . 1288 views
439_penutupas-icsebs-2014.jpg
Panitia ICSEBS 2014 Berpose Dengan Peserta Dari Berbagai Negara Usai Closing Ceremony di Sanur Paradise Hotel, Bali (26/11)

GEMA-‘Melestarikan kebaikan pada masa lampau dan mengambil yang lebih baik di masa depan’ ungkapan yang cocok untuk ICSEBS 2014 Bali.

International Conference on Science, Engineering and Built Environment 2014 ini bukan produk instan yang hanya memerlukan proses singkat. Namun, gelaran internasional ini merupakan hasil yang didapat dari proses yang panjang serta jalinan kerja sama yang intensif dengan pihak internasional terkait yang dilakukan secara berkesinambungan. “Sebenarnya, kerjasama yang dilakukan fakultas (saintek.red) sudah dilakukan sebelum saya menjabat, dekan sebelumnya sudah memulainya terlebih dahulu,” ungkap Bayyinatul Muchtaromah, Dekan Fakultas Saintek sekarang. Memang bergantinya pemimpin tidak lantas berhenti program terdahulu yang telah digagas, namun pemimpin yang baru hendaklah mampu menyatukan semua gagagasan yang ada dan melanjutkannya menjadi lebih baik. ICSEBS 2014 ini adalah bukti nyata dari program yang berkesinambungan meski telah beberapa kali berganti pemimpin (dekan.red).

            Pada awalnya, ICSEBS 2014 ini akan digabung dengan gelaran Green Technology yang kelima yang telah dilakukan lebih awal. “Namun memang terdapat beberapa hal yang perlu ditimbang kembali, baik masalah waktu penyelenggaraan ataupun tujuan kegiatan yang akan dicapai,” ungkapnya. Masih menurut Bayyinatul Muchtaromah, waktu penyelenggaraan memang ada sedikit perbedaan, even Green Technology sedikit sulit untuk dilakukan pada akhir bulan November karena bagi universitas itu adalah waktu untuk rekapitulasi semua keuangan yang ada. Namun untuk event ICSEBS diharapkan dilaksanakan di akhir bulan November sekaligus dapat digunakan untuk rekreasi. Di sisi lain, menurutnya, tujuan antara kedua acara ini juga berbeda. Green Technology lebih fokus pada edukasi semua civitas akademika untuk labih giat dalam melakukan sebuah penelitian dan karya tulis. Namun untuk ICSEBS lebih pada publikasi hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli sehingga hanya dikhususkan untuk profesional. “Beberapa hal inilah yang menjadi pertimbangan yang harus difikirkan lebih matang untuk memberi sebuah keputusan yang bijak,” tutur Bu Bayyin (sapaan.red).

            Agenda International Conference on Science, Engineering and Built Environment (ICSEBS) ini memang selalu dinanti oleh para peneliti nasional ataupun internasional. Pasalnya gelaran kolaboratif antara Indonesia-Malaysia ini akan ditindaklanjuti dengan publikasi secara luas lewat jurnal internasional. Adalah Applied Material and Mechanical Journal Belgia yang akan mempublikasikannya secara luas berskala internasional. Jurnal yang dipilih ini pun juga bukan sembarang jurnal, namun jurnal yang telah terindeks ISI-SCOPUS yang menjadi sebuah standar jurnal internasional yang layak dipublikasikan. Tentunya hal ini menjadi kesempatan yang sangat terbuka lebar, khususnya bagi siapa yang ingin menjadi seorang profesor. (nhl)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up