Mengubah Jalan Hidup Lewat Pendidikan Tinggi
Prof. Dr. H. Imam Suprayogo Sabtu, 31 Januari 2015 . in Dosen . 956 views

Selama ini orang sedemikian percaya, bahwa dengan belajar di perguruan tinggi maka kehidupan masa depan terjamin akan menjadi lebih baik. Keyakinan seperti itu juga sudah terbukti, yakni banyak orang yang berpendidikan tinggi, ternyata berhasil mengubah nasibnya. Semula hanya sebagai anak petani dengan lahan terbatas di pedesaan sehingga penghasilannya pas-pasan, namun setelah lulus perguruan tinggi, ternyata seseorang berhasil memperoleh pekerjaan yang layak dan akhirnya sukses memperbaiki nasibnya.

Banyak pilihan ilmu yang bisa dipelajari di perguruan tinggi. Seseorang bisa memilih sesuai dengan minat dan bakatnya. Terhadap banyaknya pilihan itu, seseorang bisa memilih jenis ilmu yang dianggap mudah mendatangkan uang. Beberapa jenis ilmu dimaksud misalnya, kedokteran, ekonomi, teknik, dan sejenisnya. Masyarakat luas terlanjur yakin bahwa berbekalkan jenis ilmu dimaksud akan mudah untuk mencari kerja. Sementara itu jenis ilmu lainnya, seperti ilmu pendidikan, ilmu bahasa, seni, agama, dan sejenisnya tidak akan memberi peluang lapangan kerja yang luas, dan apalagi penghasilan yang memuaskan.

Mungkin saja anggapan tersebut ada benarnya. Akan tetapi apa yang digambarkan itu tidak selalu bisa dibuktikan. Tidak sedikit lulusan perguruan tinggi yang tergolong hebat, dan demikian pula jurusan yang dipilihnya dianggap masih laku di lapangan kerja, tetapi pada kenyataannya hitungan itu tidak selalu tepat. Ada saja, sarjana lulusan perguruan tinggi yang tidak diperhitungkan dan bahkan juga jurusan pilihannya tidak diperebutkan oleh banyak orang, tetapi ternyata yang bersangkutan justru memperoleh peluang pekerjaan yang jauh lebih banyak mendatangkan rizki.

Hal yang perlu disadari bahwa, mengubah nasib melalui perguruan tinggi, bukan hanya terletak pada perguruan tinggi dan bidang ilmu pilihannya,

(Author)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up