Meningkatkan Mutu, UIN Adakan Workshop Akreditasi dan Internasionalisasi Jurnal Ilmiah
Abadi Wijaya Kamis, 8 Januari 2015 . in Berita . 1761 views
474_ojs-ok.jpg

GEMA- Budaya ilmiah  di dunia pendidikan sudah sepatutnya menjadi perhatian yang utama. Sadar akan hal itu, UIN Maliki melalui unit Informasi dan Publikasi sebagai pengelola Jurnal El-Harakah mengadakan workshop akreditasi dan internasionalisasi jurnal ilmiah.

Kegiatan yang yang berlangsung kemarin (7/1) diikuti oleh 40 lebih peserta yang merupakan pengelola jurnal di lingkungan jurusan maupun lembaga yang ada di kampus ulul albab ini.

Turut hadir Rektor UIN Maliki, Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si yang didaulat membuka acara ini, ketua unit Informasi dan Publikasi M. Anwar Firdausy, para pemateri Lukman, MT serta Dr. Istiadi yang berasal dari LIPI dan Undip. Melalui sambutannya, Rektor UIN Maliki menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat baik untuk dimanfaatkan para peserta dalam menggali ilmu terkait pengelolaan jurnal ilmiah. Sehingga seiring dengan perkembangan kampus, jurnal ilmiah juga terus mengalami peningkatan. “Jurnal Ilmiah sebagai komponen yang paling lemah saat ini, mari kita tingkatkan semangat kita untuk mengelola jurnal sebagai komponen penting dalam dunia pendidikan, tahun ini jurnal ilmiah kita harus mengalami peningkatan,” harap Profesor linguistik tersebut.

Saat ini masih sangat sedikit jurnal yang terakreditasi. Mari kita terus tingkatkan semangat ilmiah. Jurnal yang sudah hidup, terus dirawat dan yang belum mari kita hidupkan bersama-sama. “Saya siap mengawal langsung dalam pengembangan jurnal ilmiah dikampus ini, karena melalui jurnal kita akan semakin diakui kualitasnya oleh dunia pendidikan,” ujar Rektor memberi semangat.

Sementara itu Penanggung Jawab Jurnal El-Harakah, M. Anwar Firdausy menyampaikan bahwa kegiatan ini diselelnggarakan sebagai bentuk kepedulian bersama untuk meningkatkan kualitas jurnal yang ada dilingkungan UIN Maliki. “Semoga melalui kegiatan ini para peserta bisa mengambil manfaat dan nantinya akan menjadi bekal dalam pengelolaan jurnal di setiap jurusan maupun lembaga, sehingga kualitas jurnal di UIN Maliki semakin baik,” ujar dosen Fakultas Humaniora tersebut.

Materi yang disampaikan dalam worshop kali ini menyangkut tentang penngelolaan jurnal yang baik agar diakui tidak hanya nasional melainkan internasional. Lukman, MT dalam pemaparannya mengatakan bahwa dalam pengelolaan jurnal harus menjadi hal penting dalam dunia ilmiah. “Semua jurnal harus di online kan agar dapat meningkatkan grafik kita sehingga diakui kualitasnya di dunia,” ujar pemateri dari LIPI itu. Beliau menambahkan bahwa UIN saat ini sudah masuk dalam scopus, dan menduduki peringkat 124. “Hanya lembaga pendidikan yang memiliki karya ilmiah dengan kualitas baik yang bisa masuk di scopus ini, UIN sudah mampu sehingga mari tingkatkan kualitas jurnal kita,” ujarnya. (dcp)

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up