Memaknai Menara Sebagai Lambang IAIN Jember
Prof. Dr. H. Imam Suprayogo Jumat, 27 Maret 2015 . in Dosen . 2768 views

Setelah berubah kelembagaannya dari sekolah tinggi menjadi institut, IAIN jember juga mengubah lambangnya. Bentuk lambang tersebut tampak mirip dengan yang dimiliki oleh UIN atau IAIN lainnya, kecuali UIN Jakarta dan UIN Malang. Lambang IAIN Jember yang ditonjolkan adalah tulisan UIN dalam bentuk yang masih samar-samar, karena lembaga yang berbentuk universitas itu juga baru merupakan cita-cita. Perubahan yang sekarang ini dicapai dianggap sebagai jenjang antara, menjadi universitas.

Pada hari Rabu tanggal 25 Maret 2015, saya diundang ke IAIN jember untuk memberi orasi ilmiah dalam rangka lauching program Doktor (S3) yang SK nya baru diterbitkan oleh Kementerian Agama. Hadir pada kesempatan itu beberapa pejabat, di antaranya Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam, Kasubdit Ketenagaan, Bupati Jember, beberapa anggota DPRD, pimpinan perguruan tinggi Islam baik negeri maupun swasta, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor di antaranya menjelaskan tentang lambang IAIN jember. Lambang itu selain menonjolkan huruf UIN sebagai bentuk kelembagaan yang dicita-citakan ke depan juga gambar menara. Rektor menjelaskan bahwa IAIN Jember ke depan harus berbentuk universitas. Dengan berbentuk universitas, perguruan tinggi Islam yang berada di Jawa Timur bagian timur ini, diharapkan berpeluang untuk mengembangkan berbagai jenis disiplin ilmu pengetahuan sehingga mampu memberikan sumbangan yang lebih besar pada umat Islam dan bangsa ini secara keseluruhan. Sementara ini, dengan berbentuk IAIN hanya sebatas mengembangkan disiplin ilmu keagamaan.

Oleh karena waktu yang disediakan sangat singkat, selain menjelaskan tentang bangunan keilmuan Islam, saya berusaha memaknai lambang yang digunakan oleh IAIN Jember dimaksud. Pemaknaan itu saya anggap penting, agar siapa saja pada setiap saat melihat lambang dimaksud, segera tumbuh semangatnya untuk mengambil peran maksimal sebagaimana pesan yang terkadung di balik lambang itu. Tentang bangunan keilmuan Islam, saya jelaskan bahwa, sebenarnya keilmuan Islam tidak saja meliputi ilmu ushuluddin, syari'ah, tarbiyah, dakwah dan adab sebagaimana yang selama ini dikembangkan oleh kebanyakan perguruan tinggi Islam, melainkan juga ilmu-ilmu lain yang bersifat uniersal.

Saya menjelaskan bahwa lambang berupa menara yang digunakan oleh IAIN jember memiliki pesan yang amat mulia. Menara biasanya dianggap sebagai bagian penting dari bangunan masjid. Tempat ibadah milik umat Islam yang berukuran besar biasanya dilengkapi dengan menara. Selama ini tidak ada perdebatan tentang betapa pentingnya menara, sekalipun fungsinya sudah bisa digantikan dengan alat moder, misalnya pengeras suara. Tidak saja di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara, tidak terkecuali di Makkah dan Madinah, masjid dilengkapi dengan menara.

Menara disamping digunakan sebagai pertanda bahwa bangunan itu merupakan tempat ibadah atau tegasnya adalah masjid, maka juga digunakan sebagai tempat untuk mengumandangkan suara adzan. Pada zaman dulu muadzin atau orang yang mengumandangkan adzan harus naik ke bagian atas dari menara. Sekarang ini, di atas bagian menara cukup diletakkan alat pengeras suara. Mengumandangkan suara adzan, muadzinnya cukup dari lantai masjid.

Tatkala menjadikan menara sebagai lambangnya, maka IAIN jember harus bertekad menjadi menaranya perguruan tinggi Islam yang ada di Indonesia. Menara selalu digunakan sebagai pertanda bahwa bangunan itu adalah masjid, maka IAIN jember juga harus melakukan peran sebagai menara masjid pada umumnya. Bangunan yang paling tinggi itu selalu digunakan untuk menyeru pada kebaikan, kemuliaan, dan kemenangan kepada semua orang tanpa terkecuali. Dari menara itu semua orang diingatkan dan dipanggil agar bergerak menuju kepada Tuhan dengan menjalankan shalat berjama'ah. Dalam adzan itu, umat manusia diajak untuk bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, dan Muhammad sebagai utusan-Nya. Sebagai rangkaian adzan, lewat menara itu, juga diseru agar semua kaum muslimin segera menjalankan shalat, menuju pada kemenangan, dan senantiasa memperteguh ketauhidan. Itulah diantaranya, makna dari seruan adzan yang selalu dikumandangkan dari atas menara di setiap masjid.

Oleh karena itu, dengan mengambil lambang berupa menara, semua warga IAIN jember,

(Author)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up