Patuhi Pajak, Tax Center Ajak Isi Bareng SPT
Abadi Wijaya Senin, 13 April 2015 . in Berita . 1222 views
544_e-filing.jpg

            GEMA-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) sebagai universitas yang memiliki empat pilar keilmuan yaitu kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional

mengajak seluruh sivitas akademika untuk taat pajak dengan cara pengisian SPT tahunan yang diselenggarakan langsung oleh Tax Center UIN Maliki bekerjasama dengan Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III di gedung Aula Rektorat Lt.5 (18/3).

Ketua Seksi Pengawasan dan Pelaksanaan KPP Malang Utara, Fu’adi, menyampaikan tentang manfaat e-filing. E-filing itu sendiri, kata Fuad, merupakan suatu cara penyampaian SPT atau penyampaian Pemberitahuan Perpanjangan SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara on-line yang real time melalui website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id) atau Penyedia Jasa Aplikasi atau Application Service Provider (ASP).“Saat ini pelaporan pajak tidak harus datang ke kantor pajak. Cukup menggunakan e-filing sudah bisa dilakukan secara online,” terangnya.

Sementara itu, Account Representative KPP Malang utara, Tri Heriyanto pada sesi ke dua mengajak semua peserta praktik langsung melalui tutorial pengisian SPT secara langsung. Sebanyak 450 peserta dan ditambah 35 petugas pelayanan pajak langsung mempraktikkannya secara online. “Saya berharap melalui tutorial sederhana ini semua peserta bisa belajar dan praktik langsung,” ungkapnya.

Ketua Tax Center UIN Maliki, Sri Andriani, memaparkan bahwa kegiatan sosialisasi ini diadakan sebagai bentuk pemberian pelayanan sekaligus untuk membantu bagi para wajib pajak khususnya di Lingkungan UIN Maliki untuk dapat menyampaikan pelaporan SPT tepat waktu dan sesuai peraturan yang ditetapkan. “Sosialisasi isi bareng SPT dengan tema isi bareng SPT tahunan orang pribadi melalui drob box dan e-filing dilaksanakan bagi wajib pajak orang pribadi (PNS)di UIN Maliki,” terangnya.

Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) Dra. Cholida, MM menegaskan,bahwa proses pelaporan pajak saat ini sangat mudah, setiap wajib pajak telah diberi kemudahan dengan adanya fasilitas online. Mereka bisa memonitoring melalui situs resmi yang disiapkan oleh DJP. “Saya berharap semua peserta yang hadir bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai, sehinga kedepan sudah tidak ada kebingungan soal urusan pelaopran pajak,” harapnya.

Dengan adanya sosialisasi isi bareng SPT ini, tambah dia, diharapkan para wajib pajak patuh terhadap pajak sekaligus akan lebih mandiri untuk pelaporan pajak pada tahun-tahun berikutnya. “Semoga kedepan penggunaan e-filing dapat dimanfaatkan dengan maksimal,” pungkasnya. (tc)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up