Perbaiki Sisitem Informasi, SPI Hadirkan Pakar IT ITB
Abadi Wijaya Kamis, 16 April 2015 . in Berita . 2241 views
553_pakar-it-itb.jpg

GEMA-Pakar sistem informasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr. Kridanto Surendro hadir ditengah-tengah para pimpinan UIN Maliki.

Kehadiran Pak Rendro sapaan akrab  Kridanto Surendro itu memenuhi undangan Satuan Pemeriksa Intern (SPI) yang diketuai Zainal Habib. Kehadiran dia kali ini memberikan pengarahan soal audit sistem informasi menuju tata kelola yang baik di UIN Maliki Malang (16/4).

Sebuah perguruan tinggi, kata Rendro, akan berjalan dengan baik apa bila didukung oleh SDM yang memadai. Peningkatan kualitas manusianya itu bisa dimulai dari orangnya (man), ungang (money), bangunannya atau gedung (building), komunikasi sarana dan prasarana salah satunya adalah melalui sistem informasi dan teknologi (TI). “Langkahnya adalah Plan, Do, Check, and Action,” katanya.

Mengelola TI, kata dia, harus dilakukan perencanaan yang benar dan matang agar apa yang sudah direncanakan sudah sesuai dengan tujuan kampus UIN Maliki ini. “Oleh karena itu ditingkatan perencanaan ini harus jelas,” tegas Rendro.

Masih Kata Rendro, perencanaan itu membutuhkan manajerial yang baik. Paslnya, dasar aktivitas manajerial selalu membutuhkan TI yang berkualitas dan data yang valid yang bersifat informasi. “Informasi yang dikelola Lembaga Pengembangan Sistem Informasi (LPSI) yang dibutuhkan fakultas harus benar dan berkualitas,” terangnya.

Sistem Informasi itu bermacam-macam. Akan tetapi, dalam persoalan audit sistem informasi ini difokuskan menjadi empat bagian diantaranya, informasi itu sendiri, aplikasi yang bersifat otomastis, dan infra struktur berupa TI dan fasilitasnya. “Misalnya saja kualitas server yang baik akan menjadi supporting terhadap kemajuan universitas itu sendiri,” paparnya.

 

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up