Posdaya Masjid Beri Kontribusi Bagi Kabupaten Malang
Abadi Wijaya Selasa, 23 Juni 2015 . in Berita . 1707 views
626_posdaya-2015.jpg
PENYEMATAN: Rendra Kresna Secara Simbolis Melepas Peserta KKM Tematik Posdaya Masjid di Gedung Sport Center.

GEMA-Sejumlah 2847 mahasiswa siap diterjunkan dalam Kuliah Kerja Mahasiswa Tematik Posdaya Masjid. Terbagi dalam 250 kelompok, kesemuanya disebar pada 22 Kecamatan di Kabupaten Malang dan satu kecamatan di Kota Malang. Adapun masjid yang dijadikan basis dalam KKM Tematik tersebut sebanyak 272 masjid.

Secara resmi seluruh mahasiswa peserta KKM Tematik dilepas dalam acara Kuliah Umum dan Pelepasan peserta KKM Tematik Posdaya Masjid. Hadir Bupati Kabupaten Malang, Rendra Kresna dan Ketua Yayasan Damandari, Haryono Suyono, Ketua LP2M UIN Maliki Malang Mufidah Cholil, dan Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. H. Zainuddin., MA, Sabtu (20/6).

Rendra Kresna menuturkan Kabupaten Malang perlu sentuhan banyak pihak.  Khususnya bantuan serta sumbangsih keilmuan mahasiswa dalam percepatan pembangunan Kabupaten Malang. “Jumlah penduduk Kabupaten Malang sangat besar. Jika potensi sumber daya manusia tersebut bisa dikembangkan, maka akan mampu mempercepat pembangunan,” tutur pria kelahiran Pamekasan tersebut.

Menurut pantauan kami, masih kata Rendra, KKM Tematik Posdaya Masjid telah mengena. Terlihat dari organisasi sudah sangat terstruktur dan sistematis. Sehingga praktik di lapangan, KKM Tematik tersebut berjalan efektif dan tepat sasaran. Selain itu program pengabdian masyarakat tersebut juga memberi corak paham bahwa masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah. Melainkan juga bisa menjadi pusat peradaban serta pusat pengembangan segala potensi masyarakat.

Bupati kelahiran 22 Maret 1962 tersebut juga menuturkan dari seluruh daerah di Kabupaten Malang, 15 persen telah menjadi pusat Posdaya Masjid. Hal tersebut menjadi sebab peningkatan angka kesehatan masyarakat. “Pemerintah dalam menjalankan tugas memiliki banyak keterbatasan. Berkat posdaya masjid ini, tugas tersebut dapat terlaksana,” ungkap pria dengan zodiac aries tersebut.

Di akhir kuliah tamunya, Bupati yang dilantik pada 5 Agustus 2010 tersebut berpesan kepada mahasiswa agar ikhlas dalam mengabdi di masyarakat. “Berjuang tidak kenal usia. Di usia inilah, mahasiswa memililiki bekal serta semangat mengabdi yang tinggi,” pungkasnya. (sy)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up