UM PTKIN Tembus 79.643 Peserta
Abadi Wijaya Selasa, 23 Juni 2015 . in Berita . 3372 views
628_um-ptkin-2015.jpg
FOKUS: Salah satu peserta UM PTKIN kelompok IPS tampak serius mengerjakan soal ujian di ruang 214 gedung B Lt.2 UIN Maliki Malang.

GEMA-Hari ini, Selasa (23/6) pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Jumlah peserta ujian kali ini secara nasional menembus angka 79.643 peserta. Sementara untuk peserta UM PTKIN di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terdapat 2273 peserta.

Berdasarkan hasil pemantauan di lapangan, pelaksanaan ujian kali ini lancar dan kondusif. Pernyatan itu disampaikan langsung oleh Seksi Pembaruan Prodi Diktis, Mustakim B. Saat melakukan sidak langsung ke lokasi ujian UM PTKIN di UIN Maliki. sidak yang didampingi langsung oleh WR I Dr. H. Zainuddin, WR III Dr. H. Agus Maimun dan Humas UIN Maliki Dr. H. Sutaman melihat proses ujian di beberapa gedung UIN Maliki diantaranya perkuliahan gedung A, B dan C.

Saat ditanya soal kecurangan pelaksanaan UM PTKIN kali ini, laki-laki kelahiran Jakarta 12 Desember 1067 itu mengaku dan menjamin bersi dari kecurangan. Apa lagi kasus penitipan peserta untuk dimasukkan ke Perguruan Tinggi Islam Negeri tertentu dijamin tidak akan ada. Pasalnya, semua peserta akan diseleksi sesuai dengan kemampuan akademiknya. “Jika peserta memiliki kemampuan akademik yang bagus maka dia layak masuk PTAIN sesuai dengan pilihannya,” ungkapnya.

Jalur UM PTKIN, kata dia, bukan hanya untuk menyeleksi calon mahasiswa baru saja, akan tetapi UM PTKIN ini diadakan tujuannya tidak lain hanya untuk menjaring calon mahasiswa yang unggul dan berkualitas. “Sehingga hasil input dari proses seleksi UM PTKIN betul-betul berkualitas,” tegasnya.

Saat ditanya soal jadwal ujian UMPTKIN, pria berkacamata itu menjelaskan bahwa, proses seleksi akan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut dan akan berakhir besok, Rabu (24/6). Materi ujian yang banyak membuat pelaksanaan ujian membutuhkan waktu dua hari, di tambah lagi pelaksanaan UM PTKIN kali ini bertepatan dengan bulan Puasa, sehingga jika peserta terlalu dipaksa juga kasihan dan takut kelelahan juga. “Semoga UM PTKIN ini betul-betul bisa memberikan pemerataan pendidikan dan kemudahan bagi camaba yang hendak kuliah di perguruan tinggi,” harapnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up