24 Juni, Para Tokoh dan Sesepuh UIN Malang akan Lakukan Refleksi
Abadi Wijaya Kamis, 23 Juni 2016 . in Berita . 1304 views
927_kuliah-umum-prof-malik.jpg

GEMA-Menapaki usainnya yang ke 12 tahun, UIN Maulana Malik berencana menggelar refleksi bersama seluruh para tokoh dan sesepuh UIN Maliki. Kegiatan yang dijadwalkan tanggal 24 Juni Pukul 13.00 WIB itu akan dihadiri langsung Prof. Dr. H.A. Malik Fadjar, M.Sc. selaku Guru Besar sekaligus menjadi salah satu pelaku sejarah berdirinya UIN Maliki Malang (23/6).


Kehadiran Prof. Malik Fadjar di UIN Maliki sekaligus sebagai refleksi terhadap sejarah perkembangan UIN Maliki duli, kini dan diera masa depan. Selain itu, Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si menegaskan bahwa refleksi yang akan dilaksanakan ini sebagai bentuk responsif terhadap tantangan dan perubahan yang begitu cepat di masyarakat. Apalagi, UIN Maliki sudah menjadi kampus terbaik dilingkungan Kemenag RI hingga akhirnya UIN Maliki dijadikan kampus percontohan dan digadang-gadang menjadi kampus yang dipercaya mampu menjadi world class university atau kampus kelas dunia.
“Tanggal 21 Juni 2004 merupakan transformasi kelembagaan dari STAIn Malang ke UIN Malang yang waktu itu ditandatangani oleh Presiden RI Ibu Megawati Soekarnoputri,” kenang Prof. Mudji.
Kepercayaan presiden RI tersebut lantas oleh para pimpinan UIN Malang kala itu langsung ditunjukkan dengan beberapa disiplin bangunan keilmuannya yaitu melalu konsep filosinya dengan menggunakan pohon ilmu. Phon ilmu yang dirancang Prof. Dr. H. Imam Suprayogo dengan menggunakan keilmuan integrasi Sains dan Agama tersebut memiliki empat pilar keilmuan yaitu kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
“Semoga diusaianya yang ke 12 tahun ini, UIN Maliki terus berkembang dan maju baik dari sektor akademiknya, maupun kelembagaanannya,” harapnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up