Kuliah Tamu Ketenagakerjaan Datangkan Menteri RI
Abadi Wijaya Kamis, 17 November 2016 . in Berita . 1155 views
1081_kerja.jpg
Muhammad Hanif Dhakiri Menteri Ketenagakerjaan RI bersama Rektor UIN Malang sesaat setelah mengisi kuliah tamu di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (17/11).

 

GEMA-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang hadirkan Menteri Ketenagakerjaan RI, Muhammad Hanif Dhakiri dalam kuliah tamu di Rektorat Lt. 5, Kamis (17/11).

Kuliah tamu yang bertemakan Ketenagakerjaan di Indonesia, Peluang dan Tantangan dihadiri oleh seluruh sivitas akademika UIN Malang.

Berkaitan dengan tema yang diusung pada kuliah tamu kali ini, Hanif Dhakiri memaparkan problematika ketenagakerjaan di Indonesia. Kesenjangan sosial, pengangguran dan kemiskinan menjadi persoalan penting di Indonesia. Underutilization dan tingkat pengangguran di era digital ini juga merupakan tantangan bagi pemerintah dan pelaku usaha. Sedangkan banyak lulusan perguruan tinggi yang bekerja di level lebih rendah.

Sebagai salah satu solusi atas permasalahan tersebut, Alumni IAIN Walisongo Semarang ini menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi turut berperan penting. Karakter menempati derajat tinggi dalam kualifikasi tenaga kerja yang baik. Dengan mengembangkan kompetensi dan menguatkan inovasi dan kreativitas, perguruan tinggi dapat menghasilkan lulusan yang sukses di dunia kerja.

“Saya mendorong agar perguruan tinggi juga mulai melakukan riset-riset pasar kerja guna mengetahui perubahan karakter pekerjaan,” ungkap menteri kelahiran Salatiga ini. Sedangkan pelatihan dan sertifikasi pada bidang-bidang pekerjaan terkait agama juga penting untuk terus dikembangkan oleh Perguruan Tinggi Islam. (zah/nhl)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up