ORS: Ayo Tinggalkan Google!
Abadi Wijaya Sabtu, 19 November 2016 . in Berita . 982 views
1085_ors.jpg
Faizuddin Harliansyah saat membuka Pelatihan Online Research Skill (ORS) (18/11)

GEMA- Pepustakaan UIN Malang mengadakan Pelatihan Online Research Skill (ORS), Jumat-Sabtu (18-19/11).

Bertempat di Rumah Singgah Lt. 4 Pascasarjana UIN Malang acara dihadiri oleh mahasiswa S2 dan S3 pascasarjana. Acara ini relevan dengan kebutuhan mahasiswa akan sumber kajian online sudah tidak disangsikan lagi. Pengetahuan untuk mengakses sumber online ini menjadi sebuah hajat penting. Sehingga pelatihan ini akan memberikan bekal untuk penelitian mahasiswa pascasarjana khususnya.

“Ayo tinggalkan Google!” ujar Faizuddin Harliansyah. Pria yang menjabat Kepala Perpustakaan Pusat UIN Malang ini secara langsung membuka pelatihan ini. Menurutnya, Google atau search engine lainnya tidak selalu kompeten dalam bidang penelitian yang dibutuhkan. Sehingga hasil pencarian yang dilakukan tidak maksimal. Tentunya hal ini akan mempengaruhi kualitas rujukan dan kekayaan sumber penelian yang dilakukan. “Sehingga kita memerlukan alat bantu lain yang dapat membantu dalam mencari jurnal atau hasil penelitian lainnya dengan media lain,” jelasnya. Media ini seperti Emerald Journals, SAGE Journals, dan Proquest Database yang telah dilanggan kampus dan dapat diakses dengan gratis.

“Tidak hanya itu, pelatihan kali ini juga akan dilatihkan untuk mengelola semua artikel ataupun jurnal yang telah di download,” lanjut Faiz. Dosen UIN Malang ini mnerangkan bahwa ada Program Zotero yang dapat digunakan. Dengan program ini seseorang akan mampu membuat sebuah perpustakaan digital pribadi. Perpustaakaan ini akan terus tumbuh sesuai dengan keinginan individu. Sehingga sofrware ini akan dapat mengelola dan mengembangkan sumber rujukan online yang telah didapatkan. (nhl)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up