Direktur Diktis: Tekankan Enam Rukun PTKIN


» Rabu, 21 Desember 2016 13:32, Oleh: Abadi Wijaya, Kategori: BeritaHit: 670

1108_direktur-diktis.jpg
Direktur Diktis Kemenag, Prof. Dr. Amsal Bakhtiar, MA., Ketika Menetup Perhelatan The 3rd International Conference of Quality Assurance of Islamic Higher Education (ICQAIHE) di Ballroom Klub Bunga Butik Resourt Batu.

GEMA-“Kemajuan yang kita harap bukan hanya maju pada taraf kelembagaan, lebih dari itu, kemajuan kualitas juga harus diperhatikan,”

ungkap Direktur Pendidikan Tinggi Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Prof. Dr. Amsal Bakhtiar, MA, dalam sambutan penutupan The 3rd International Conference of Quality Assurance of Islamic Higher Education (ICQAIHE), Senin (19/20).

Prof. Bakhtiar memandang, kemajuan yang dimaksud tidak pernah tercapai tanpa adanya pencapaian enam rukun pada tubuh PTKI. Pertama quality of teachers. Diktis akan meningkatkan jumlan Profesor (Guru Besar) di lingkungan PTKI. “Dalam rangka meningkatkan kualitas pengajar, Diktis juga berupaya mensukseskan program 5000 Doktor,” tambah pria kelahiran Padang Panjang tersebut.

Rukun selanjutnya, masih kata Prof. Bakhtiar, adalah Quality of teaching proses. Proses pendidikan di PTKI dari awal hingga akhir harus benar-benar berkualitas. Proses tersebut terwujud dengan adanya infrasturktur, IT, dan segala sarana parsarana yang menunjang proses pendidikan.

Tidak kalah penting, lanjut pria kelahiran 19 Desember 1960 tersebut, research and publication di PTKI juga wajib dikembangkan. Sebab pubikasi karya ilmiah ini sangat penting. “Itu tiga dari enam rukun PTKI yang utama. Dan ke enam standar tersebut harus ditingkatkan secara bersamaan,” jelas Guru Besar UIN Syahid Jakarta tersebut.

Di akhir sambutanya, Guru Besar almuni UIN Syahid Jakarta tersebut berterimakasih kepada UIN Maliki Malang. Karena telah mendukung dan berhasil menyelenggarakan ICQAIHE 2016 ini dengan baik. Dan juga sebagian tugas Diktis telah diambil alih dan diselesaikan oleh UIN Malang. (sy)

(Ajay)