ICQAIHE: Rayakan Hari Bahasa Arab Internasional
Abadi Wijaya Senin, 19 Desember 2016 . in Berita . 636 views
1106_hari-bahasa-arab.jpg
Rektor UIN Maliki Malang Mudjia Rahardjo bersama dengan tamu undangan saat pembukaan perayaan Hari Bahasa Arab di Balai Kota Among Tani Kota Batu, (18/12).

GEMA-Mengakhiri hari pertama konferensi internasional di akhir tahun ini, ICQAIHE memasukkan perayaan hari bahasa arab sedunia dalam rentetan acaranya.

Tepat 18 Desember, Hari Bahasa Arab diperingati di Pancasila Hall, Balai Kota Among Tani Batu (18/12).

Seusai acara di Gedung Ballroom siang tadi, peserta dan panitia ICQAIHE diarahkan menuju Balai Kota Among Tani untuk mengikuti perayaan Hari Bahasa Arab Internasional. Event internasional tahun ini tak luput dihadiri oleh Walikota Batu Eddy Rumpoko, Rektor UIN Maliki Malang Mudjia Rahardjo, Sesepuh UIN Malang Prof. Imam Suprayogo, Mudirul Baitul Lughoh Saudi Arabia Dr. Sameer bin Yahya al Muabbar, tamu undangan dari berbagai negara, dan juga perwakilan mahasiswa internasional.

Kegiatan multilevelini mengangkat tema Peringatan Bahasa Arab dalam Penyebarannya di Daerah Pariwisata. Dukungan dari Walikota Batu Eddy Rumpoko terhadap penggunaan bahasa arab sebagai bahasa internasional punjuga terlihat cukup tinggi. Pasalnya ia berhasil mencanangkan Kota Batu sebagai kota pariwisata syariah pertama. “Kota batu siap mendukung Bahasa Arab sebagai bahasa internasional,” tegas pria kelahiran Manado itu.

Dalam sambutanya, ambasador Saudi Arabia Dr. Shalih al-Syitsri menjelaskan sedikit keajaiban dan masa depan Bahasa Arab. Ia menyampaikan bahwa 2050 nanti 70% masyarakat dunia akan menjadikan Bahasa Arab sebagai bahasa sehari-harinya. Didukung oleh Dr. Sameer bin Yahya al Muabbar, beliau adalah inovator metode penguasaan Bahasa Arab dalam waktu hanya empat bulan. Doktor yang baru saja mengadakan seminar bahasa untuk mahasiswa UIN Malang itu berhasil menemukan metode belajar Bahasa Arab yang mudah dan cepat. Oleh karena itu, Dr. Sameer bersemangat dan mengajak seluruh sivitas akademika dan medukung world class university. (nna/nhl)

(Ajay)