IQAIHE: Formulasikan Kualitas Pendidikan Islam di Era Global


» Minggu, 18 Desember 2016 14:22, Oleh: Abadi Wijaya, Kategori: BeritaHit: 466

1103_ballroom-batu.jpg
IQAIHE: Peserta Konferensi perpose bersama setelah penandatangan MoU.

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang gelar The 3thInternational Conference on Quality Assurance of Islamic Higher Education (IQAIHE).

Konferensi internasional tentang kualitas pendidikan tinggi di Indonesia ini akan dihelat selama empat hari (17-20/12). Bertempat di Klub Bunga Batik Resort Batu, konferensi ini akan dihadiri langsung oleh dua menteri sekaligus, Lukman Hakim Saifuddin Menteri Kementrian Agama RI dan Mohamad Nasir Menteri Kemenristek Dikti RI.

Sejak 2014, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT) bersama dengan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah mempromosikan dan mengimplemenatsikan Key Performance Indicators (KPI) of Organization of Islamic Conference (OIC). Realisasi KPI ini diharapkan akan dapat dijadikan model dalam pengembangan Perguruan Tinggi Islam dalam penjaminan kualitas perguruan tinggi.

Sebagai anggota dari The Association of Quality Assurance Agencies of the Islamic World (AQAAIW), Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) selalu mempromosikan dan mengembangkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia sesuai mandat AQAAIW. Realisasinya adalah BAN-PT mengundang seluruh universitas Islam untuk bergabung menjadi anggota badan penjaminan mutu internasional tersebut. Konferensi skala internasional pun telah digelar sejak tahun 2014 lalu.

Konferensi kali ini merupakan tidak lanjut dari dua konferensi sebelumnya. Pada 2014, BAN-PT telah mengawali dengan menyelenggarakan konferensi serupa. Bertajuk The First International Conference on Islamic Higher Education pada 24-26 November di Jakarta dengan tema With Islamic Higher Education Quality for Global Competitiveness. Tahun berikutnya, BAN-PT bekerja sama dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melanjutkan konferensi pertama. Konferensi kedua tereebut bertemakan Strengthening Quality Assurance in Islamic Higher Education Institutional yang dilaksanakan pada 5-8 Oktober 2015 di Jakarta.

Konferensi multilevel kali ini akan membahas hal yang sama, yaitu penjaminan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Namun, pada konferensi jilid 3 ini akan fokus pada Key Performance Indicators (KPI). Konferensi ketiga ini bertemaThe Quality Assurance of Islamic Higher Education Enhancement Through Key Performance Indicators. Sehingga ekspektasinya adalah untuk membentuk sebuah komitmen strategis dalam pengembangan Perguruan Tinggi Islam, khususnya di negera Islam. Subyek utama dalam konferensi ini adalah kualitas pendidikan Islam di negara Islam. Hal terpenting dalam konferensi internasional ini adalah bagaimana memformulasikan keberlanjutan kualitas pendidikan Islam di era global. Sehingga universitas Islam mampu tampil menjadi universitas terdepan di dunia. Pada akhirnya akan dihasilkan sebuah kesepakatan dan rekomendasi dari seluruh peserta dan apara ahli terkait isu yang dibahas tersebut. (nhl)

(Ajay)