Pemilihan Rektor: Terbuka dan Kualitatif


» Sabtu, 18 Februari 2017 12:36, Oleh: Abadi Wijaya, Kategori: BeritaHit: 876

1132_pers.jpg
SOSIALISASI: Suaib H. Muhammad (kanan) saat menjelaskan teknis pelaksanaan Penjaringan Bakal Calon Rektor UIN Maliki Malang kepada awak media.

GEMA-Sehubungan dengan Penjaringan Bakal Calon Rektor UIN Maliki Malang periode 2017-2021, panitia mengadakan Press Release, Sabtu (18/2). Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa media elektronik maupun cetak di Kota Malang. Agenda sosialisasi tersebut digelar di Ruang Rektor Gedung Ir. Soekarno Lt. 1. Konferensi tersebut diawali dengan penyampaian informasi mengenai teknis dan persyaratan untuk pemilihan rektor baru.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Suaib H. Muhammad menuturkan, penjaringan bakal calon rektor baru ini dilaksanakan secara terbuka. Ia mengatakan, pendaftaran tersebut terbuka bagi semua guru besar perguruan tinggi di Indonesia. Pendaftaran bakal calon rektor ini akan dibuka pada tanggal 22-24 Februari 2017.
Kemudian, masih kata Suaib, pihak panitia akan melakukan verifikasi persyaratan administrasi yang selanjutnya dilaporkan kedapa Rektor UIN Maliki Malang untuk disampaikan pada senat universitas. “Pendaftaran ini dilakukan terbuka dan juga proaktif, sehingga panitia juga bisa saja mendatangi pihak-pihak yang dianggap memenuhi persyaratan dan memiliki kulifikasi yang berkualitas untuk pemilihan rektor baru,” terang dosen FITK ini.
Selanjutnya, senat akan menguji kualitas dan kelayakan calon rektor. Pada tahap tersebut, calon rektor akan menyampaikan visi dan misinya di hadapan senat secara langsung. Penilaian yang dilakukan meliputi integritas, komitmen, serta dasar kompetensi lainnya.
Kemudian senat mengirimkan hasil tersebut kepada Komisi Seleksi Kementerian Agama untuk disampaikan kepada Kepala Menteri Agama. Hal ini berbeda dengan pemilihan rektor sebelumnya yang berdasarkan suara terbanyak dari senat. Cara ini diharapkan agar rektor selanjutnya dapat sepenuhnya berdedikasi untuk mempercepat laju perkembangan Kampus Ulul Albab. (mir/hni/nd)

(Ajay)