Ini, Penampakan di Desa Precet Kota Batu


» Rabu, 15 Maret 2017 01:10, Oleh: Abadi Wijaya, Kategori: BeritaHit: 1751

1148_proyek-gedung-fkik-uin-maliki-malang.jpg
PROYEK: Potret Bakal Gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan di Desa Precet, Junrejo Kota Batu.

GEMA-Sudah tujuh bulan proses pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berlangsung.

Terhitung sejak proses pemancangan—16 Agustus 2016, hingga hari ini. Pembangunan yang diagendakan selesai pada Desember 2016 tersebut sudah molor dua bulan lebih. Siang tadi Reporter Gema berkesempatan melihat langsung lokasi pembangunan Kampus Tiga ini, Selasa (14/3).

Pertama tiba, Reporter Gema harus berhadapan dengan security yang tengah bertugas. Pasalnya tidak semua orang bisa keluar-masuk di area proyek. Lokasi yang tertutup dengan pagar keliling—seng, mengharuskan setiap yang datang melapor ke security guna keamanan. “Kami dari Reporter Tabloid Kampus, Pak,” terang Reporter Gema mengenalkan diri kepada Darto, security proyek.

Setelah mendapat izin, Reporter Gema memotret kondisi proyek dari beberapa sudut. Nampak beberapa pekerja keluar masuk ke dalam bangunan. Suara bising mesin pemotong keramik juga terdengar. “Sekarang yang kerja cuma lima orang. Soalnya tinggal finishing saja,” terang Darto yang bertugas pada sip siang tersebut.

Darto mengaku, selain pekerja dan yang berkepentingan dilarang masuk ke dalam gedung. Itu sesuai dengan instruksi Kepala Proyek. “Kepala Proyek nyuruh, selain pekerja jangan boleh ada yang masuk sebelum di dalam benar-benar kelar,” tegas Darto.

Secara umum, Gedung Tiga lantai tersebut sudah siap pakai. Instalasi listrik dan air sudah terpasang. Cat tembok, keramik, semua sudah terlihat rapi. Hanya saja, keadaan landscap—area parkir, taman dan pagar belum dibuat. Dari jauh, bakal Gedung FKIK ini juga nampak megah. “Pekerja di dalam hanya memperbaiki keramik-keramik yang retak. Minggu depan, pagar juga sudah mulai dikerjakan,” kata Darto.

Ditemui di Kampus Pasca, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FKIK, Imam Sujarwo mengatakan, FKIK akan pindah ke Kampus Tiga pada tahun ajaran baru mendatang. Untuk beberapa bulan ini, fakultas harus mempersiapkan beberapa sarana-prasarana yang belum ada. “Kondisi ruangan semua sudah siap. Hanya perlu menyiapkan mebeller—kursi, meja, lemari, dan alat-alat lab,” tukas Imam.

Sampai saat ini, lanjut Imam, mahasiswa kedokteran baru tiga kali ke lokasi kampus tiga. Pertama saat pemancangan. Kedua, mahasiswa beserta wali mahasiswa saat melihat keadaan proyek dan terakhir waktu praktek laboratorium kadafer—anatomi tubuh. “Tahun ajaran baru, insyaAllah semua sudah siap,” terangnya. (sy) 

(Ajay)