Ujian Mandiri Tembus 3.931 Pendaftar
Abadi Wijaya Rabu, 19 Juli 2017 . in Berita . 1586 views
1203_tulis-mandiri.jpg

GEMA-Seleksi penerimaan ujian mandiri tulis dan prestasi UIN Maulana Malik Ibrahim semakin diminati. Tahun ini, pendaftar ujian mandiri ini mencapai angka 3.931 pendaftar yang memilih berbagai jurusan. Rabu (19/7), ribuan peserta datang bersaing memperebutkan kursi menjadi mahasiswa kampus Ulul Albab.

Sutikno, kepala Badan Akademik dan Administrasi Kemahasiswaan (BAAK) menyampaikan baahwa kuota mahasiswa jalur mandiri tahun ini diperkirakan sekitar 600 mahasiswa. Hal ini dikarenakan jumlah kuota jalur mandiri akan dengan kuota total yang belum terpenuhi. “Jumlah yang diterima nantinya menyesuaikan juga dengan kapasitas ma’had, karena setiap mahasiswa tahun pertama wajib tinggal disana (Ma’had, red.)” ungkapnya.
Ia menambahkan bahwa jumlah pendaftar tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini dikarenakan kuota mahasiswa untuk jalur mandiri semakin banyak, sehingga peserta yang tidak lolos ujian SBMPTN maupun UMPTKIN akan langsung mendaftar ujian mandiri. “Bahkan beberapa mahasiswa mendaftar beberapa jalur sekaligus untuk berjaga-jaga apabila tidak diterima,” ungkap Sutikno.
Meski beberapa mahasiswa menghadapi kesulitan mulai dari pengisian borang pendaftaran, tidak dapat melakukan pencetakan kartu peserta, maupun perlengkapan administrasi lainnya, pihak panitia menyediakan layanan bantuan bagi peserta sehingga masalah-masalah administrasi online maupun offline dapat diatasi dengan baik demi kelancaran ujian.
Ujian mandiri tersebut terdiri dari dua ujian. Pertama, ujian mandiri prestasi yang terdiri dari TPA, bahasa dan keislaman, serta tes kemampuan prestasi yaitu bagi penghafal al Quran. Selain itu, terdapat juga jalur mandiri tulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA), bahasa dan keislamaan, IPA/IPS, serta tes baca tulis al Quran. Tes baca tulis al Quran dilaksanakaan untuk memilih bibit unggul mahasiswa UIN Maliki Malang yang memiliki kedaalaman spiritual. (don)

(Ajay)