Kembangkan Potensi Laboran


» Jumat, 25 Agustus 2017 21:28, Oleh: Abadi Wijaya, Kategori: BeritaHit: 388

1242_lab.jpg

GEMA-Persatuan Pranata Laboratorium Pendidikan Indonesia (PPLPI) mengadakan Workshop Nasional yang diadakan di The Same Hotel, Kamis (24/8). Workshop ini dibuka langsung oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Dr. Abd Haris, M.Ag.

Perhelatan akbar ini diikuti oleh sekitar 45 lembaga pendidikan yang tergabung dalam anggota PPLPI. Ardiansyah, S.T, Ketua Pelaksana agenda tersebut menyatakan, keanggotaan PPLPI ini adalah terbuka bagi seluruh instansi pendidikan di Indonesia yang memiliki laboratorium. “Dengan wokshop ini diharapkan selain memudahkan laboran untuk lebih mudah dalam pengaturan laboratorium, juga ingin meningkatkan karir laboratorium,” tambah dosen Elektro UB itu.
Ardiansyah menambahkan, PPLPI telah memiliki jurnal untuk pranata laboratorium, oleh karena itu para laboran akan dilatih untuk menulis jurnal agar dapat meningkatkan skill dalam penelitian.
Prof. Haris menyatakan, salah satu pilar perguruan tinggi adalah penelitian dan pengembangan, oleh karena itu peran laboran tidak bisa lepas dari fungsi utama universitas itu. “Bahkan jika laboran dan dosen serius untuk mengembangkan lab, maka bukan tidak mungkin perkembangan pilar universitas itu akan sangat pesat,” tutupnya. (nna/hni)

(Ajay)