International Conference On Green Technology, Bahas Green Computing
Abadi Wijaya Kamis, 12 Oktober 2017 . in Berita . 255 views
1287_india.jpg
SERIUS: Dr. Kartick Ch. Mondal saat memaparkan materinya dalam kegiatan The 8th International Conference On Green technology

GEMA- The 8th International Conference On Green Technologi (ICGT) kembali digelar, Sabtu (7/10). Kegiatan untuk perkembangan teknologi hijau tersebut terlaksana di Gerung Ir. Soekarno Lt. 5 dengan diikuti berbagai peserta dari kalangan mahasiswa hingga profesor.

Asisten Profesor Faculty of Information Technology, Jadavpur University India, Dr. Kartick Ch. Mondal dalam presentasinya menjelaskan pentingnya go green melalui green computing. Untuk menyelamatkan teknologi hijau, perlu adanya penghijaun yang tak hanya dilingkungan alam namun juga dalam lingkup komputerisasi. Green computing ini dapat dilakukan dengan menerapkan empat aspek yaitu, green use, green green disposal, green design dan green manufacturing. Penerapan empat aspek ini ialah dengan meminimalkan konsumsi listrik perangkat komputer dalam cara yang ramah lingkungan. Membuat kembali komputer yang sudah ada atau mendaur ulang perangkat elektronik yang tidak digunakan. Merancang komputer yang hemat energi, server, printer, proyektor dan perangkat digital lainnya. Terakhir yaitu dengan meminimalkan limbah selama proses pembuatan komputer. “Perlu ditafsirkan secara jelas maksud dari go green untuk melindungi kata green itu sendiri salah satunya dengan komputasi hijau atau green computing,” tambahnya.
Masih kata Kartick, green computing merupakan sebuah ilmu pengetahuan atau penerapan mengenai bagaimana cara menggunakan sumber daya komputer atau perangkat elektronik yang dimiliki secara efisien dan ramah lingkungan. Tujuannya adalah untuk memangkas penggunaan bahan yang membahayakan lingkungan, dan penghematan energi komputer, serta menyeimbangkan teknologi dengan lingkungan. Hal tersebut dimaksud untuk menciptakan keseimbangan agar suatu teknologi dapat dikatakan ramah serta tidak merusak alam. (mir)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up