Langkah Nyata Untuk Perkembangan Jurnal
Abadi Wijaya Kamis, 9 November 2017 . in Berita . 163 views
1314_mou-jurnal.jpg
KERJASAMA: Drs. Imam Subchi, M.A dan Dr. Rohmani Nur Indah, M.Pd saat penandatanganan Memorandum of Understanding kerjasama jurnal, Kamis (9/11).

GEMA-“Kerjasama adalah langkah-langkah guna mengembangkan ide dengan saling melengkapi dan berbagi untuk kemajuan ilmu pengetahuan,”

tutur Dr. Rohmani Nur Indah, M.Pd Pimpinan Redaksi Jurnal el-Harakah dalam Penandatanganan Momerondum Of Understanding dengan Unit LP2M UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (9/11). Kegiatan yang terlaksana di Rumah Jurnal Gedung Abdul Rahman Wahid Lt. 1 tersebut merupakan bentuk kerjasama pengelolaan jurnal antara kedua kampus.

Nur Indah dalam sambutannya menyampaikan, perkembangan jurnal di perguruan tinggi perlu adanya langkah nyata dan inisiatif dari para pengelolanya. Tanpa adanya kerjasama dan komitmen dari pengurus jurnal akademik, maka akan sulit untuk konsisten dalam perkembangan jurnal. Perhatian khusus bukan sekadar pada saat akreditasi namun seterusnya untuk kualitas output tulisan. “Kerjasama ini merupakan bentuk nyata dalam produktifitas karya ilmiah sebagai nyawa akademik yang merupakan representatif ilmu pengetahuan,” tambahnya.

Sementara itu Drs. Imam Subchi, M.A perwakilan Unit LP2M UIN Syarif Hidayatullah menambahkan, perlu adanya tindak lanjut setelah penandatanganan MoU ini diantaranya diadakan kerjasama konferensi jurnal. Menyalurkan energi positif untuk memperbaiki naskah dan dipublikasikan. Selain itu perlu pengaplikasian coaching kepada penulis baru serta academic writing workshop untuk pembinaan penulis-penulis tersebut. “Perlu pembinaan bagi mahasiswa-mahasiswa yang pandai menulis supaya akrab dengan tulisan jurnal sehingga kebutuhan akan bahan jurnal terpenuhi,” lanjutnya. (mir/nhl)

(Ajay)