Potret UMKM Malang untuk Promosi
Abadi Wijaya Jumat, 10 November 2017 . in Berita . 121 views
1315_exhibition.jpg

GEMA-Unit Kegiatan Mahasiswa Jhepret Club (UKM JC) Fotografi UIN Malang mengadakan pameran fotografi tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pameran berjudul “Swakarya Niaga” tersebut diadakan di Galeri Raos Kota Batu selama lima hari (1-5/11).

Muzakki, ketua pelaksana, menyatakan hal ini merupakan bentuk upaya mengangkat eksistensi UMKM di Malang yang kurang dikenal masyarakat Malang. “Sekaligus untuk mengajak masyarakat untuk lebih mencintai produk dalam negeri,” jelasnya.
43 fotografer dan juga anggota UKM JC bekerja keras selama beberapa hari. Mereka memotret sekaligus meneliti usaha yang dijalankan di beberapa UMKM Kota Malang. Hasilnya, 87 karya foto di pamerkan di galeri. Banyak penikmat foto yang datang ke pameran mulai dari kalangan mahasiswa, seniman sekitar galeri Raos, dan fotografer.
10 UMKM menjadi bidikan anggota UKM JC. Mereka bergerak di bidang kerajinan (seperti keramik, bingkai foto, dan wayang kulit) serta makanan seperti mie sehat dan lainnya.
Pihak UKM JC berharap, upaya ini bisa menjadi sarana promosi produk UMKM. Sasaran jual tentu tidak hanya lokal tetapi juga berdaya saing impor. “Kita pasti bangga lah kalau ada produk lokal yang mendunia, tentu kita juga akan semakin cinta dengan produk asli Indonesia,” papar Muzakki. (jc)

(Ajay)