Seminar Internasional 5 Negara
Abadi Wijaya Senin, 13 November 2017 . in Berita . 176 views
1317_sminar-humaniora.jpg
Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag menyerahkan cinderamata ke salah satu pemateri

GEMA-Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) kembali mengadakan seminar internasional di Auditorium Fakultas dan Home Theater, Senin (13/11).

Seminar bertajuk New Insights and Trends in Literature and Art Across Languages and Culture tersebut menghadirkan lima narasumber dari lima negara. Acara dibuka langsung oleh Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, ditandai dengan penyerahan cinderamata.
Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Humaniora Syafiyah menyampaikan bahwa seminar tersebut merupakan hasil kerjasama dengan berbagai universitas luar negeri. Diantaranya Universitas Deakin Australia dan Universitas Putra Malaysia (UPM).
Kerjasama antara Fakultas Humaniora dan Universitas Deakin sendiri telah terjalin selama sembilan tahun. Setiap dua tahun sekali, kedua pihak rutin melakukan pertukaran mahasiswa, staf, dan kerjasama penelitian. Bahkan saat ini, mahasiswa Universitas Deakin sedang mengunjungi UIN Malang untuk belajar tentang kebudayaan dan Bahasa Indonesia. “Saya harap kerjasama seperti ini dapat terjalin juga dengan universitas lain,” tuturnya.
Untuk seminar kali ini, para pembicara merupakan orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan budaya dan Bahasa Indonesia. Diantaranya Christopher Allen Woodrich dari Kanada, Alistar Welsh dari Australia, dan Sietske Rijpkema dari Belanda. Di samping itu, Dekan Fakultas Humaniora sebelumnya Istiadah dan dosen UPM Malaysia Sabariah Rasyid juga menjadi narasumber utama.
Seperti biasa, ketika pembukaan Prof. Haris kembali menampilkan puisi yang telah ia siapkan. Selain itu, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama Achmad Heru Achadi tampak hadir dalam acara tersebut. Di sela-sela seminar, Guru Besar Sosiolinguistik UIN Malang Mudjia Raharjo juga hadir dan mengikuti acara seminar internasional.(zaw/)

(Ajay)