UIN Malang-UB Peringati HMPI dan BMN
Abadi Wijaya Senin, 4 Desember 2017 . in Berita . 236 views
1334_dualima.jpg
Dualima: Dari kiri, Prof. Dr. H. Abdul Haris, Dr. Ir. Hilman Nugroho, M. P, dan Prof. Dr. Ir. Moh. Bisri, M. S berpose bersama setelah melakukan penanaman pohon secara simbolis.

GEMA-Universitas Islam Negeri (UIN) Malang dan Universitas Brawijaya (UB) bekerja sama menggelar Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional 2017, Sabtu (2/12). Bertajuk Kerja Bersama Makmurkan Rakyat, Lestarikan Alam, acara berlokasi di area UB Forest Dusun Sumberwangi, Karang Ploso.

Hadir dalam acara, Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDAS-HL) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Hilman Nugroho, M. P ditemani oleh Rektor kedua universitas, Prof. Dr. H. Abdul Haris, M. Ag dan Prof. Dr. Ir. Moh. Bisri, M. S.
Selain itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jatim Diah Susilowati turut hadir, menggantikan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Sukarwo. Bersebelahan dengan Dirjen. PDAS-HL, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Batu Punjul Santoso tampak duduk bersebelahan dengan Wakil Bupati Malang M. Sanusi.
Dalam sambutannya, Hilman mengkampanyekan gerakan 25 Pohon Seumur Hidup. Gerakan tersebut mengajak setiap warga masyarakat untuk menanam dan merawat minimal 25 pohon seumur hidup.
Untuk mendukung gerakan tersebut, Hilman mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan bibit gratis bagi masyarakat. Bibit yang akan diberikan merupakan bibit hasil penyemaian Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL). “Di Jawa Timur, sudah ada dua tempat, Mojokerto dan Jember,” tutur Hilman.
Oleh karena itu seusai acara, sebanyak 7110 bibit pohon ditanam dan dibagikan kepada para peserta yang hadir. Bibit-bibit itu diserahkan langsung secara simbolis oleh Hilman Nugroho.
Menanggapi hal tersebut, Prof. Haris mengatakan bahwa Peringatan HMPI dan BMN merupakan sebuah langkah strategis untuk menjaga kelestarian pohon. Ia juga menekankan, kegiatan semacam ini harus dilakukan di seluruh dunia. Oleh karena itu, UIN Malang yang bekerjasama dengan UB ingin menjadi pioner dalam menjaga kelestarian alam. “Apalagi kegiatan ini sesuai dengan ajaran Islam dan diajarkan Rasullah,” ujar Rektor kelahiran Lamongan tersebut.
Dalam momentum HMPI dan BMN kali ini, Rektor UIN Malang juga meneken Momerandum of Understanding (MoU) dengan Dirjen. PDAS-HL. Kerjasama tersebut terkait dengan pewujudan Hutan Kota UIN Malang yang berada di Kampus Tiga Junrejo, Batu. Kerjasama juga ditandai dengan penandatangan prasasti oleh kedua belah pihak.(zaw)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up