IAIN JEMBER BELAJAR MANAJEMEN BLU
Abadi Wijaya Selasa, 16 Januari 2018 . in Berita . 1271 views
1370_kunjungan.jpg
CINDERAMATA: WR II IAIN Jember memberikan cinderamata kepada WR II UIN Malang di ruang Rektor UIN Maliki Malang (16/1).

GEMA-Wakil Rektor Bidang Adminsitrasi Umum Perencanaan dan Keuangan IAIN Jember Drs. H. Ahmad Mutohar., M.M beserta 6 anggota lainnya melakukan kunjungan ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk belajar manajemen pengelolan Badan Layanan Umum (BLU). Selasa (16/1).
Kedatangan rombongan IAIN Jember tersebut langsung disambut Wakil Rektor II UIN Maliki Malang Dr. Hj. Ilfi Nurdiana, S.Ag. M.Si didampingi Kepala Biro Adminsitrasi Umum Mahfud Shodar beserta Kabag. Perencanaan Bani Mustaliq.
Mengawali kegiatan studi wawasan tentang manajemen BLU di UIN Malang tersebut, WR II IAIN Jember menyampaikan bahwa kunjungan ini sudah direncanakan sejak lama dan diharapkan kunjungan ini menambah wawasan khususnya di bidang pengelolan BLU dan Satuan Pengawasan Internal (SPI). “Kami menilai UIN Malang layak dicontoh sebagai institusi pengelolaan layanan BLU terbaik di PTKIN,” paparnya.
Masih kata Mutohar, sapaan akarab Drs. H. Ahmad Mutohar, saat ini IAIN Jember sudah mengajukan diri menjadi Universitas Negeri Islam Jember, dan insyaallah jika tidak ada halangan 2019 akan di resmikan. “Untuk itu, sebelum IAIN Jember menjadi Universitas, kami ingin belajar lebih dalam lagi terkait manajemen pengelolan BLU yang ada di UIN Malang,” terangnya.
Semoga, tambah dia, kedatangan rombongan IAN Jember di UIN Malang ini tidak mengganggu kegiatan rutinitas yang ada di UIN Malang. “Kami ingin menggali ilmu manajemen BLU dan SPI di UIN Malang untuk diterapkan di IAIN Jember demi untuk kemajuan bersama,” pungkasnya.
Sementara itu, WR II, Dr. Hj. Ilfi Nurdiana, S.Ag. M.Si menegaskan bahwa UIN Malang berkomitmen untuk menjadi perguruan tinggi terbaik, tidak hanya dari image building nya saja. Akan tetapi, dari aspek SDM serta manajemen tatakelolanya juga memang betul-betul menjadi perguruan yang terbaik. Untuk memenuhi standarisasi tersebut, para pimpinan di UIN Malang sudah berkomitmen melalui penandatanganan SMM ISO 9001:2015 sebagai wujud komitmen untuk terus meningkatkan layanan yang lebih baik lagi. “UIN Malang sudah menggunakan layanan BLU dan rencananya ingin naik lagi menjadi PTN-BH,” paparnya.
Oleh sebab itu, tambah dia, jika IAIN Jember ingin menerapkan layanan BLU manajemen SDM, dan pendapatnnya harus disiapkan dan terukur. Pasalnya, kampus yang menggunakan layanan BLU ada syarat pendapatan minimumnya. “Semua persyaratan itu harus terpenuhi, khusunya dari sisi pendapataan minimumnya,” tegasnya.
Pendapat itu, bisa dihasilkan dari aset negara atau aset SDM. Misalnya saja UIN Malang, untuk menopang pendapatannya tidak hanya mengandalkan dari uang SPP atau UKT saja. Akan tetapi ada sumber lain yang dikelola oleh lembaga Pusat Pengembangan Bisnis UIN Malang dibawah komando Dr. Hj. Sulalah. “Semoga kegiatan studi wawasan BLU ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua,” pungkasnya mengakhiri.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up