CETAK JURNALIS HANDAL
Iffatunnida Sabtu, 3 Maret 2018 . in Berita . 320 views
1405_dise.jpg

GEMA-Tabloid Gema sebagai pewarta resmi UIN Malang mengundang jurnalis-jurnalis di lingkungan kampus dalam Diseminasi Jurnalistik, Jumat (2/3). Acara yang bertempat di Ruang Rapat Gedung Rektorat lt.3 ini ditujukan untuk melatih para reporter Kampus Ulul Albab untuk lebih mengenal dunia Jurnalistik.
Materi-materi yang disajikan ialah etika serta dasar-dasar jurnalistik, teknik reportase dan penulisan berita, juga foto jurnalistik. Sebanyak 25 reporter hadir dari UKM, fakultas, hingga unit kampus. “Pemilihan perwakilan reporter ini berdasarkan keaktifan media cetak maupun onlline yang dihasilkan berdasarkan pantauan pihak Informasi dan Publikasi,” jelas M. Anwar Firdausy, pemimpin redaksi Gema.
Mengawali materi, Dosy, sapaan akrabnya, menekankan pentingnya etika yang harus dipegang para jurnalis. Pasalnya, jurnalis kampus bernaung dan dibiayai oleh pihak universitas sehingga ada nilai-nilai yang harus disesuaikan. “Itu bedanya kita para jurnalis kampus dan wartawan di media lepas,” tutur dosen Fakultas Humaniora tersebut.
Jurnalis kampus juga harus memegang prinsip-prinsip yang berlaku umum. Moh. Arifudin, editor Gema, menuturkan prinsip paling utama ialah kebenaran. Maraknya informasi hoax yang tersebar di sosial media menunjukkan degradasi nilai kejujuran. “Sebagai jurnalis yang bernaung di UIN Malang, ada baiknya kita mencontoh salah satu sifat siddiq Nabi Muhammad saw,” imbaunya.
Peserta tak hanya dituntut aktif mendengarkan materi, mereka pun diajak menulis berita di waktu yang singkat. “Dari sekarang kita mencoba bekerja cepat seperti wartawan profesional yang tidak menunda penulisan berita,” ujar Iffatunnida, salah satu redaktur Gema. Ia pun mengevaluasi beberapa berita terpilih dengan menunjukkan hal-hal yang perlu diperbaiki. Seperti, penulisan tanggal, judul, serta efektivitas kalimat.
Mengakhiri diseminasi, Abadi Wijaya, tim redaktur Gema berbagi tips-tips fotografi untuk kepentingan berita. “Reporter harus tahu bagaimana angle foto yang bagus untuk membuat beritanya berkesan dan sempurna,” jelas Ajay, sapaan akrabnya.
Diseminasi bagi para reporter kampus ini juga ditujukan untuk menjalin kerjasama antar reporter kampus. Pihak universitas berharap agar reporter kampus di unit, fakultas, dan UKM bisa berkontribusi dalam mewartakan setiap event yang diadakan UIN Malang. (ofi/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up