PPRG: HARUS SEGERA AKSI NYATA
Iffatunnida Kamis, 22 Maret 2018 . in Berita . 723 views
1434_pprg1.jpg

GEMA-Mengundang sebanyak 68 perwakilan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia, Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) menggelar Koordinasi dan Evaluasi Implementasi Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG), Rabu (21/3). Agenda yang dilaksanakan hingga dua hari ke depan tersebut dihelat di Aula Gedung Rektorat Lt. 5. Pertemuan tersebut dibuka langsung oleh Dr. M. Zainuddin, Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Istiadah, Ketua PSGA menyatakan tugas PSGA tidak hanya tentang gender. Namun, juga mengetahui seluk-beluk perencanaan dan penganggarannya. Mantan Dekan Fakultas Humaniora tersebut menginginkan, melalui acara ini para peserta ikut menuangkan ide-ide dan rencananya untuk implementasi PPRG. Di samping itu, “Saya ingin pada pertemuan ini, para peserta bisa saling berbagi suka-duka dalam mengimplementasikan perencanaan dan penganggaran”.
Mewakili Rektor UIN Malang, Zainuddin menuturkan, melalui kegiatan tersebut tiap-tiap PTKIN dapat menambah kualitasnya. Sehingga nantinya dapat menjadi institusi yang produktif dan turut berperan memacu kualitas perkembangan nasional.
Menyangkut masalah gender, ia berharap agar PTKIN mampu menyumbang pemikiran tentang gender khususnya dalam perspektif Islam. “Jadi, PTKIN juga berperan dalam mempublikasikan mengenai isu-isu baru dalam hal keislaman,” sambungnya. Terakhir ia berharap kegiatan tersebut dapat memberikan hasil yang baik dan berdampak positif bagi masyarakat.
Senada dengan hal tersebut, Prof. Dr. Isom Yusqi, M.Ag, Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI mengatakan, kini sudah saatnya PSGA untuk bekerja aktif. Ia menyampaikan, sejak 2012 sudah ada wacana mengenai perencanaan dan penganggaran gender, namun belum terlaksana. “Kalau wacana tersebut sudah ada, maka saat ini yang diperlukan adalah bentuk aktif dan responsif mengenai hal tersebut,” tegasnya. (hni/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up