STAIN PAMEKASAN BELAJAR MANAJEMEN JURNAL
Iffatunnida Kamis, 22 Maret 2018 . in Berita . 637 views
1433_stpam.jpg

GEMA-Setelah menerima akreditasi akhir 2017, Jurnal Ulul Albab sangat terbuka bagi siapa pun yang ingin belajar. Kunjungan pengelola Jurnal Tadris STAIN Pamekasan ke kantor Unit Informasi dan Publikasi pun dijadikan ajang sharing, Rabu (21/3).
Managing Editor Jurnal Tadris Jamiludin Usman menuturkan, jurnalnya lemah di bagian manajemen dan substansi. Hal ini dikarenakan sulitnya mencari naskah yang layak dan sesuai tema. “Karena jurnal kami belum terakreditasi, tidak banyak penulis yang bersedia memasukkan naskahnya pada kami,” jelasnya.
Di samping itu, Online Journal System (OJS) yang saat ini diterapkan belum begitu dipahami oleh semua tim. “Utamanya para mitra bestari karena kebanyakan sudah sepuh, tidak paham OJS,” lanjutnya. Sehingga proses telaah naskah masih manual.
Khoirul Hidayah, Penanggung Jawab Jurnal Ulul Albab tahun lalu, menjawab persoalan tersebut. Kesulitan dalam stok artikel bisa disiasati dengan memburu dosen-dosen yang sebidang dengan tema jurnal. “Jika hanya menunggu, kelamaan. Kita yang harus aktif mencari,” ujarnya.
Konsekuensinya, lanjut Irul sapaan akrabnya, pengelola jurnal harus menyediakan dana untuk membayar invited author. Hal tersebut dapat memanfaatkan dana bantuan yang sudah dihibahkan pemerintah ke jurnal.
Sulitnya memahamkan tim reviewer (mitra bestari) tentang OJS, juga bisa disiasati. Kru jurnal yang ada wajib dilatih tentang OJS. Sehingga setiap orang bisa menangani setidaknya satu reviewer untuk penertiban alur naskah via OJS.
Dalam forum tersebut, Pimred Jurnal Tadris Saiful Hadi dan Pimred baru Jurnal Ulul Albab Benny Afwadzi juga turut hadir. Kedua jurnal melakukan sharing hingga dua jam. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up