PESERTA UM-PTKIN TEMBUS 2397 PESERTA
Abadi Wijaya Senin, 21 Mei 2018 . in Berita . 185 views
1500_umptkin.jpg

GEMA-Jalur seleksi masuk perguruan tinggi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyisakan dua jalur lagi yaitu UM-PTKIN dan Jalur Mandiri Tulis. UM-PTKIN merupakan jalur seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). UIN Malang merupakan salah satu dari 55 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang terdaftar mengikuti UM-PTKIN ini (21/5).
Menurut Kabiro AAKK Achmad Heru Achadi menjelaskan bahwa jalur UM-PTKIN ini dilaksanakan setelah ujian SPAN-PTKIN yang berdasarkan prestasi akademik calon mahasiswa baru, sehingga jika tidak lolos di SPAN-PTKIN maka bisa mengikuti tes ujian UM-PTKIN. “Ujian UM-PTKIN ini hasilnya harus memenuhi kriteria yang ditentukan oleh panitia,” paparnya.
Seleksi UM-PTKIN ini akan dilaksanakan Selasa (22/5), serentak di seluruh PTKIN se Indonesia. Di UIN Malang sendiri ada 2397 peserta yang akan mengikuti ujian jalur tersebut “Sejak dibuka pendaftaran UM-PTKIN 12 April hingga 11 Mei ini ada 2397 pendaftar,” paparnya.
Sementara itu, salah satu panitia UM-PTKIN Uril, menegaskan bahwa sesuai data rekapitulasi pendaftarnya pada tahun 2018 ini tercatat jumlah peminatnya mencapai 11.781 orang dan jumlah pendaftarnya ada 4462 orang, namun yang lolos seleksi administrasi hanya 2397 peserta saja. “Data terakhir menunjukkan angka tersebut,” jelasnya.
Seperti biasanya, jumlah peminat prodi terbanyak di jalur UM-PTKIN ini masih jatuh pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sebanyak 845 orang, kedua Perbankan Syariah 642 orang, dan ketiga Hukum Bisnis Syariah 402 orang. “Sementara sisanya tersebar di fakultas yang lain,” paparnya.
Uril menjelaskan, proses jalur seleksi UM-PTKIN ini menggunakan dua jalur yaitu ujian secara tertulis dan ujian berbasis computer (CBT). Terdiri dari 3 kelompok ujian, yaitu kelompok ujian IPA, IPS dan IPC.
“Ujian kali ini akan menggunakan di 4 gedung perkuliahan, yaitu Gedung A, B, C untuk model ujian tulis dan ujian CBT dilaksanakan di berbagai laboratorium yang ada di Gedung Saintek,” (ptt/aj).

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up