HUT KE-57, UIN MALANG BUKA PRODI PERPUSTAKAAN DAN SAINS INFORMASI
Abadi Wijaya Jumat, 29 Juni 2018 . in Berita . 712 views
1518_gedung-perpustakaaan.jpg

GEMA-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dalam usianya ke-57 semakin memantapkan kiprahnya dalam melayani masyarakat di bidang pendidikan. Bertepatan dengan HUTnya ke-57, UIN Maliki mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) untuk menyelenggarakan program studi (S-1) Perpustakaan dan Sains Informasi (PSI).
Persiapan pembukaan prodi PSI itu sudah dilakukan sejak 2013 lalu yang meliputi pengembangan kurikulum, SDM pengajar, sarana-prasarana dan lain-lain. Kesiapan dalam semua aspek penyelenggaraan prodi tersebut kemudian diajukan dalam bentuk proposal pendirian prodi baru ke Kemenristek Dikti.
Setelah melalui beberapa tahapan yang panjang meliputi evaluasi, verifikasi dan visitasi dari Kemenristek Dikti dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), pada Maret 2018 lalu Kemenristek Dikti menerbitkan Surat Keputusan nomor: 294/KPT/I/2018 tentang ijin penyelenggaraan Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi.
“Di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi menjadi bagian dari Fakultas Saintek,” tutur Faizuddin Harliansya Kepala Perpustakaan Pusat UIN Maliki Malang.
Faizuddin menjelaskan, secara garis besar, kurikulum Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang meliputi beberapa aspek bahan kajian yang terdiri dari kajian universitas (23%), librarianship (23%), humaniora (11%), ilmu sosial (20%), kajian sains dan teknologi informasi(23%).
Mata kuliah-mata kuliah yang masuk dalam kategori kajian universitas (23%) bertujuan dan menekankan pembentukan pribadi lulusan yang mempunyai kekokohan aqidah, kedalaman spritual dan keangungan akhlaq. “Sedangkan mata kuliah lainnya berfokus kepada pembentukan pribadi lulusan yang mempunyai keluasan ilmu dan kematangan profesional,” ungkapnya.
Faizuddin berharap, mata kuliah-mata kuliah kepustakawanan (librarianship) dan mata kuliah-mata kuliah sains dan teknologi informasi (information science and technology) yang masing-masing mempunyai porsi 23% diharapkan dapat membentuk lulusan yang mempunyai kompetensi komprehensif sebagai information professional yang siap mengabdikan ilmunya di segala sektor, baik pendidikan maupun industri.
Dalam sektor pendidikan, lulusan prodi ini dapat menjadi pustakawan (librarian) seperti academic librarian, research librarian, scholarly communication librarian, school librarian, teacher librarian, public librarian, information literacy librarian, dan lain-lain. “Sedangkan di sektor industri, alumni prodi ini disiapkan untuk menjadi profesional informasi yang dapat berposisi sebagai digital strategist, knowledge manager, record manager, archivist, web-content manager,” jelasnya.
Sementara itu, untuk mencapai idealita tersebut, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Sri Harini, menyatakan telah menyiapkan dosen-dosen yang mempunyai kepakaran dalam bidang library and information science lulusan perguruan tinggi terkemuka baik dalam negeri maupun luar negeri, di antaranya Faizuddin Harliansyah, MIM (Queensland University of Technology, Australia), Mufid, M.Hum (Universitas Indonesia, Jakarta), Ari Zuntria, MA (The University of Sheffield, United Kingdom), Nita Siti Mudawamah, MIP (UIN Sunan Kalijaga).
Selain itu, Sri Harini juga telah menyiapkan dosen-dosen yang mempunyai keahlian bidang information system dan knowledge management seperti Syahiduz Zaman, M.Kom (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya), Linda Salma Angreani, MT (Institut Teknologi Bandung).
Selain tenaga pengajar, kata Sri Harini, sarana-prasarana juga telah disiapkan secara makasimal. Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah terakreditasi A dan telah mengembangkan banyak platform digital library dapat menjadi laboratorium yang memadai bagi Prodi baru ini. “Semoga adanya tambahan Prodi PSI di Fakultas Saintek ini dapat bersinergi dengan prodi lainnya, baik sinergi kelimuannya maupun resourcesnya,” harapnya.
Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. Abdul Haris, menyambut gembira amanah dari Kemenristek Dikti ini untuk menyelenggarakan Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi. Dia berharap dengan adanya tambahan Prodi PSI ini masyarakat mempunyai banyak pilihan bidang kelimuan yang dapat dipelajari dan didalami di UIN Malang. Prof. Haris berharap prodi PSI ini bisa menjadi salah satu sarana untuk semakin meneguhkan kiprah UIN Malang dalam menapaki usianya yang ke-57 tahun. “Semoga di HUT UIN Malang ke-57 ini bisa terus berkarya dan mengabdi untuk negeri,” harapnya
Pendaftaran Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi masih terbuka melalui Jalur Mandiri mulai 18 April 2018 sampai dengan 13 Juli 2018 secara online melalui tautan uin-malang.ac.id/pendaftaran/login Adapun informasi lebih detil dapat mengunjungi website lis.uin-malang.ac.id (fz)

 

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up