TOTAL PESERTA SELEKSI MANDIRI 5.127 PESERTA
Abadi Wijaya Rabu, 18 Juli 2018 . in Berita . 4476 views
1534_mandiri-tuliss.jpg

CAMABA: Peserta ujian seleksi mandiri tulis melihat denah lokasi ujian yang terpampang di baliho


GEMA-Besok, Kamis (19/7) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar ujian seleksi mahasiswa baru Jalur Mandiri Tulis dan Prestasi serta Jalur Mahasiswa Asing. Total sebanyak 5.127 calon mahasiswa baru akan mengikuti ujian. “Alhamdulillah, tahun ini peminat UIN Malang sangat meningkat drastis,” tutur Kepala Biro AAKK Achmad Heru Achadi Hari.
Tahun 2017, jumlah peserta ujian mandiri hanya 4300-an peserta. Namun, tahun 2018 ini jumlah peserta meningkat hinggs 5.127 peserta. Dalam proses seleksi, kata dia, panitia tetap mengutamakan calon mahasiswa yang betul-betul lulus seleksi.
Peserta harus mengikuti semua materi yang diujikan. Materi awal ialah tes tulis yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) yang dijadwalkan berlangusng selama dua jam. Dilanjutkan sesi kedua yaitu Baca Tulis Quran (BTQ) dan terakhir sesi interview. “Seluruh peserta harus mengikuti semua tes yang dijadwalkan berlangsung hingga sore,” paparnya.
Panitia sudah menyiapkan segala sarana dan prasarana penunjang kelancaran ujian tersebut. Mulai dari denah lokasi yang terpampang di baliho besar hingga penempelan nomor peserta di setiap kursi di setiap ruangan.
Heru menegaskan bahwa pelaksanaan ujian mandiri sudah menjadi rutinitas tahunan di kampus. Akan tetapi, UIN Malang tetap harus menyiapkan semaksimal mungkin agar pelaksanaannya selalu berjalan lancar. “Dibutuhkan energi yang tinggi, kecakapan, dan keuletan serta kesolidan tim panitia,” ujarnya saat rapat koordinasi persiapan ujian mandiri di Ruang Pertemuan Rektorat Lt. 3.
Sementara itu, Seksi Pelaksana Ujian Mandiri Tulis, Mujtahid menghimbau kepada panitia agar selalu siap mengarahkan peserta yang telat di jam pertama. Pasalnya, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, di jam pertama ujian masih ada saja peserta yang terlambat. Bahkan belum mengetahui ruang ujiannya. “Tim keamanan bisa membantu mengarahkan para peserta yang terlambat,” lugasnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up