KHOFIFAH: GEN Z SUKA CARI PENGALAMAN
Iffatunnida Senin, 13 Agustus 2018 . in Berita . 624 views
1565_khofifah-pbak.jpg

GEMA-Materi pertama Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2018 langsung disampaikan oleh Khofifah Indar Parawansa, Senin (13/8). Gubernur Jawa Timur terpilih 2019-2024 itu mengawali materinya dengan pengenalan Generasi Z.
Menurut data yang dipaparkan, mahasiswa baru (maba) yang kali ini mengikuti PBAK 2018 tergolong Gen Z. Karena terlahir di awal tahun 2000, generasi ini memiliki beberapa karakteristik.
Akrabnya Gen Z dengan gadget, tutur Khofifah, menjadi ciri utama mereka. Gadget pula yang mendekatkan diri mereka dengan beragam media sosial. Sehingga tidak heran jika Gen Z terlihat aktif di dunia maya. “Beragam informasi yang mereka dapatkan membuat mereka jadi ingin tahu banyak hal,” ujar wanita kelahiran 1965 itu.
Imbasnya ialah ke karakteristik berikutnya, yakni generasi yang gig eco. Karena ingin tahu, mereka cenderung mencari banyak pengalaman. Salah satunya dalam hal pekerjaan. “Gen Z akan lebih memilih pekerjaan yang tidak mengikat dalam jangka waktu panjang,” jelas wanita yang pernah menjabat Menteri Sosial itu.
Generasi tersebut, masih kata Khofifah, akan memiliki riwayat kerja yang banyak dengan kurun waktu yang singkat. Kebanyakan dari mereka, tertarik dengan kerjaan yang berhubungan teknologi seperti programmer. “Bahkan, bisa jadi, tren menjadi PNS akan menghilang beberapa tahun lagi,” sambungnya.
PBAK 2018 yang diikuti 3.424 maba berlangsung hingga Kamis (16/8). Di hari pertama dan kedua, maba dikenalkan dengan visi misi UIN Malang dalam berbagai sesi keuniversitasan. Selanjutnya, pengenalan fakultas dilakukan dan diatur oleh setiap fakultas. (nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up