DIKTIS: AGAR CAPAI TARGET 5000 DOKTOR
Iffatunnida Kamis, 13 September 2018 . in Berita . 99 views
1615_5000.jpg

GEMA-Tim Project Management Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) berkunjung ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Misi mereka khusus untuk berbagi informasi Program 5000 Doktor Luar Negeri kepada seluruh sivitas akademika. Acara dihelat di Auditorium Fakultas Humaniora Lt.3, Kamis (13/9).
Salamah Agung, Ph.D., tim Diktis, mengungkapkan bahwa program ini jauh dari yang ditargetkan. Pasalnya, dari target 1000 kandidat doktor yang ingin dicapai per tahunnya, baru sekitar 200 aplikan yang dinyatakan lolos. “Tentu ini menjadi evaluasi kami,” imbuhnya.
Setelah mengevaluasi, lanjut Salamah, ada beberapa hal yang menjadi catatan Diktis sebagai penyedia beasiswa. Masalah utama ada pada proposal disertasi yang diserahkan pendaftar beasiswa doktor. Kurangnya bimbingan dalam penyusunan proposal berakibat pada buruknya kualitas itu sendiri. “Sehingga proposal yang kami seleksi, kebanyakan kurang matang dan jauh dari standar,” tutur dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.
Tak hanya proposal, kemampuan bahasa asing disinyalir menyumbang faktor gagalnya menembus beasiswa. Apalagi, Kementerian Agama fokus pada pemberian beasiswa di luar negeri. “Proposal bagus, administrasi siap, tapi bahasanya lemah, tentu menjadi sebab gagal,” tambah Amir, salah satu tim Diktis yang juga mengisi sosialisasi tersebut.
Dalam sosialisasi tersebut, Kabiro AAK UIN Malang Drs. Achmad Heru Achadi turut mendorong dosen-dosen muda di kampus untuk memanfaatkan kesempatan ini. Meraih beasiswa doktor tak hanya baik untuk tiap dosen namun juga berimbas positif bagi pengembangan keilmuan di Kampus Ulul Albab. (ptt/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up