FOKUS KULIAH DI LUAR NEGERI
Abadi Wijaya Rabu, 19 September 2018 . in Berita . 584 views
1625_ln.jpg


GEMA-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), mengadakan seminar international di Aula Fakultas Humaniora Lt.3, Jumat (14/9). LP2M mengundang tamu istimewa yakni, Dr. Shirley Ann Baker Alliant International University, USA dan Dr. Dorothee Schulze University of Cologne German sebagai narasumber. Acara ini diikuti oleh 20 delegasi mahasiswa reguler atau International Class Program (ICP) dari setiap fakultas.
Shirley menjelaskan bahwa terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri. Hal pertama yang harus didahulukan adalah kesuksesan akademis, seperti aktif dalam perkuliahan, bekerja dengan kelompok, dan memiliki komunikasi baik dengan Dosen dan Profesor. Hal yang tidak kalah penting juga paparnya adalah pengalaman pribadi. Menurut doktor lulusan Amerika ini, penglaman adalah hal yang mahal. Seperti bersosialisasi dengan penduduk asing, berlibur ke tempat bersejarah, dan memahami adat kebiasaan warga negara asing. “Keseimbangan menjadi hal utama melihat tujuan ke luar negeri adalah untuk belajar.” Tegasnya dalam seminar tersebut.
Kesempatan juga menjadi hal yang tidak boleh ditingglakan di luar negeri, seperti meningkatkan kemampuan dalam berbahasa, penelitian, dan membentuk jaringan untuk ke depanya. Mahasiswa harus dapat memaksimalkan tiga hal untuk dapat meraih kesuksesan. Tiga hal tersebut adalah science, knowledge, dan experiences.(ofi)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up