Daftar Penulis: Iffatunnida


LAKUKAN ANALISIS GENDER SAAT RANCANG KEBIJAKAN
Kamis, 24 Mei 2018 . in Berita . 265 views
1507_psga.jpg

GEMA-Sebagai follow-up dari kegiatan Implementasi Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Maret lalu, Unit Pusat Studi Gender dan Anak mengadakan Sosialisasi PPRG untuk seluruh staf perencanaan di seluruh unit dan fakultas di UIN Malang, Kamis (24/5).
Kegiatan ini menghadirkan pakar gender, Sutiah untuk mendampingi staf perencanaan dalam menyusun dokumen Anggaran Responsif Gender. Setiap peserta diminta membawa dokumen anggaran tahun 2019 untuk selanjutnya dianalisis bersama sebelum diajukan ke pihak kampus.
Dalam kesempatan itu, Sutiah menyamakan persepsi bahwa setiap program dan kebijakan yang disusun lembaga harus responsif gender. “Artinya, program tidak dirancang dengan pandangan netral, ada kelompok-kelompok yang harus menjadi pertimbangan,” jelasnya.
Sehingga, lanjutnya, program pembangunan yang dicanangkan akan ramah bagi setiap gender dan kelompok marginal lainnya. Seperti kaum difabel. Ia memandang, tidak semua institusi memperhatikan analisis gender dalam konstruksi pembangunannya.
Akibatnya, sarana-prasarana yang dibangun tidak mencakup semua kaum. “Kurangnya fasilitas tangga atau lajur untuk kaum difabel, tidak adanya smoking area dan ruang laktasi,” sebut Sutiah sebagai dampak absennya analisis gender.
Sosialisasi PPRG dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung Rektorat Lt. 3. Acara dibuka oleh Kabiro AUPK, Mahfudh Shodar. (nd)

Lebih Lanjut »
H-1 UM-PTKIN, PENGAWAS DIBERI ARAHAN
Senin, 21 Mei 2018 . in Berita . 142 views
1502_pengawas.jpg

GEMA-Sehari menjelang pelaksanaan Ujian Masuk-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), seluruh pengawas dan penanggung jawab ruang mendapat arahan dari panitia, Senin (21/5).
Gladi resik di Aula Gedung Rektorat Lt.5 tersebut mengarah pada beberapa aturan baru tahun ini.
Mujtahid, Ketua Panlok UM-PTKIN, menjelaskan, peserta ujian tidak akan membawa pulang salinan soal TKD (Tes Kemampuan Dasar). Berbeda dengan tahun sebelumnya. Namun, peserta diizinkan membawa salinan soal IPA dan IPS. “Itu info dari panitia pusat,” tutur Mujathid.
Jika sebelumnya peserta menulis pernyataan dengan bolpoin, tahun ini semua data diri dalam LJU ditulis dengan pensil. “Harap pengawas tidak terpaku pada kebiasaan beberapa tahun belakangan,” imbuhnya.
Mengawali informasi pembekalan, Mujtahid menyampaikan pula jumlah peserta tes tahun ini. Sejumlah 2397 peserta terdaftar dan tervalidasi untuk mengikuti UM-PTKIN pada (22/5).
Jumlah peserta didominasi oleh peserta kategori IPS sebanyak 2016. Diikuti oleh peserta kategori CBT (Computer-Based Test) sebanyak 180, IPC sebanyak 135, dan IPA 66. Wakil Rektor Dr. Zainuddin juga turut hadir untuk memberi informasi kepada pengawas dan penanggung jawab ruang. (nd)

Lebih Lanjut »
PROGRAM BARU, 469 MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH SIAP PKL!
Senin, 21 Mei 2018 . in Berita . 103 views
1501_pkl.jpg

GEMA-Seperti sedianya, pra Praktik Kerja Lapangan (PKL) didahului dengan pembekalan, Selasa (15/5). Tahun ini, Fakultas Syariah menyeragamkan tempat PKL di seluruh Lembaga Peradilan di Jawa Timur. Ketua Pengadilan Agama Kota Malang Wedhayati, MH dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kota Malang Dr. Lilik Muliana, MH. memberi pengantarnya di Aula Gedung Rektorat Lt.5.
Baharudin Susamto, Sekretaris Jurusan Hukum Bisnis Syariah (HBS), menjelaskan, sebelumnya mahasiswa juga ditempatkan di lembaga keuangan. “Pihak fakultas memutuskan hal ini agar mempermudah hubungan dan koordinasi terhadap lembaga terkait,” imbuhnya.
Tak hanya itu, ia melanjutkan, mahasiswa yang lulus menempuh PKL tak hanya mendapat nilai di KHS. Mereka juga akan diberi sertifikat sebagai penunjang pasca kuliah nantinya.
Fakhruddin, Ketua Panitia PKL, menuturkan jumlah mahasiswa Fakultas Syariah tahun ini yang memprogram PKL ialah 469. Mahasiswa dari tiga jurusan tersebut akan ditempatkan di enam lembaga.
Yaitu, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Pengadilan Niaga, Pengadilan Hubungan Industrial, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dan Pengadilan Tata Usaha Negara.
Dalam materi pembekalannya, Dr. Lilik Muliana, MH. berpesan agar mahasiswa dapat menyeimbangkan teori dan praktik. Segala materi yang telah dipelajari dalam kelas sudah saatnya diterapkan secara riil.
Ia juga mewanti-wanti agar mahasiswa tidak terlalu terpaku pada materi. “Kalian harus open-mind ketika melihat fakta yang terkadang tidak sesuai materi kuliah,” jabarnya.
Rencananya, pihak fakultas akan melihat peluang MoU (Momerandum of Understanding) untuk PKL berikutnya. Lembaga Politik dan Lembaga Keuangan di Jawa Timur akan menjadi target kerjasama. (mir/ofi/nd)

Lebih Lanjut »
300 CALON MAHASISWA IKUT SELEKSI PBSB
Senin, 14 Mei 2018 . in Berita . 241 views
1490_pbsb.jpg

GEMA-Setelah SBMPTN, UIN Malang menjadi lokasi pelaksanaan tes PBSB (Program Beasiswa Santri Berprestasi), Senin (14/5). Tes dilakukan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2018-2019. Selain menjadi lokasi tes, ujian tersebut sekaligus sebagai jalur masuk alternatif calon mahasiswa yang ingin kuliah di UIN Malang.
Abdul Aziz, Kabag Kemahasiswaan dan Alumni, menyatakan tes jalur PBSB dilakukan serentak di berbagai daerah. Regional Jawa Timur terpusat di UIN Malang. Ujian menggunakan Computer-Based Test. Karena menyesuaikan jumlah fasilitas, peserta terbagi di dua sesi. Sesi pertama pukul 07.00 WIB sedangkan sesi kedua pukul 12.30 WIB.
Jumlah peserta tes jalur PBSB ialah 300 calon mahasiswa dari berbagai pondok pesantren. Pihak UIN Malang menerima 20 calon mahasiswa dari jalur tersebut. “Namun, untuk UIN Malang, persyaratan ditambah dengan memiliki hafalan 10 juz al Quran,” tambah Aziz.
PBSB merupakan program masuk perguruan tinggi yang dirintis Kementerian Agama. Jalur ini khusus ditujukan bagi santri pondok pesantren berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan tingginya. Kemenag berharap agar santri yang berprestasi dapat menunjukkan kapasitasnya di ilmu umum. “Sehingga cita-cita generasi berwawasan luas dan berakhlak mulia bisa tercapai,” jelas Aziz.
Melalui Kabag Kemahasiswaan dan Alumni, pihak kampus berharap, nantinya mahasiswa jalur PBSB benar-benar serius dalam menimba ilmu. Selain itu, program penambahan hafalannya pun harus semakin digiatkan. “Kami ingin mereka menyelesaikan kuliahnya selama 8 semester dengan lancar,” tuturnya. (syf/nd)

Lebih Lanjut »
PKPBI: AGAR MAHASISWA TAK SALAH PAHAM
Senin, 14 Mei 2018 . in Berita . 133 views
1489_iec.jpg

GEMA-Banyaknya mahasiswa yang tertunda karena permasalahan perkuliahan Bahasa Inggris Intensif, menginisiasi pihak PKPBI (Program Khusus Perkuliahan Bahasa Inggris) untuk bersosialisasi. Dikemas dalam Intensive English Program-Class Orientation, Ketua PKPBI Dr. Syamsudin menyampaikan program unitnya di depan mahasiswa semester dua, Senin (14/5).
Ia kembali mengingatkan jika UIN Malang memiliki program bilingual yang wajib ditempuh di tahun pertama dan kedua. Program tersebut tentu untuk mendukung cita-cita kampus menjadi World Class University. “Therefore, all UIN Malang students must be able to speak at least these two foreign languages,” jelasnya.
Kedua bahasa asing tersebut, lanjutnya, banyak digunakan oleh warga dunia. Untuk merambah dunia internasional, setidaknya, seseorang harus bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. “Bagaimana kita mau maju jika bahasa asingnya tidak dipelajari dengan serius?” tegas pria kelahiran Yogyakarta tersebut.
Ibnu Wahyurianto, bagian akademik PKPBI, kemudian menjelaskan lebih mendalam mengenai kelas Bahasa Inggris Intensif. Ia meluruskan beragam kesalahpahaman yang sering muncul dalam pelaksanaannya. “Karena sudah berjalan bertahun-tahun, makanya untuk teman-teman yang akan menempuh semester depan, semoga tidak ada lagi masalah,” tuturnya.
Kebanyakan, kata Ibnu, mahasiswa menyangka jika kelas Bahasa Inggris Intensif bersifat sunnah. Padahal, kelas tersebut wajib dihadiri oleh mahasiswa yang memprogram mata kuliah Bahasa Inggris 1 dan 2. “Mereka mengira kelas tersebut tidak resmi padahal ini adalah program kampus yang di-menej oleh PKPBI,” jelas dosen asal Trenggalek ini.
Sosialisasi kelas Bahasa Inggris Intensif tersebut bekerjasama dengan pihak Pusat Ma’had al Jami’ah. Pihak PKPBI sengaja mengundang mahasiswa semester dua yang berdomisili di ma’had agar tidak ada miskomunikasi di semester mendatang tentang perkuliahan Bahasa Inggris. (nd)

Lebih Lanjut »
2780 PESERTA SBMPTN DI 139 RUANG
Rabu, 9 Mei 2018 . in Berita . 134 views
1483_ujian.jpg

GEMA-139 ruang kelas di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi tempat ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) kelompok IPC, Selasa (8/5). Sebanyak 2780 calon mahasiswa serentak melaksanakan ujian pada pukul 07.00 WIB hingga 14.30 WIB.
Sebagai sub panitia lokal Malang, UIN Malang telah mempersiapkan segala kebutuhan ujian. Sebagaimana yang dituturkan Kepala Biro AAKK, Achmad Heru, pihaknya menyiapkan ruangan serta sejumlah pengawas sesuai standar ujian.
Bagi 180 peserta yang mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Heru menyatakan telah menyiapkan fasilitas kelompok tersebut. “Segala kebutuhan UTBK telah disiapkan dan dicek berulang kali untuk meminimalisir eror,” jelasnya.
Dengan segala fasilitas yang disiapkan UIN Malang, pihak kampus berharap agar calon mahasiswa bisa fokus mengerjakan ujian. “Kami ingin para calon mahasiswa mengerjakan dengan tertib tanpa mencontek sehingga tidak ada pihak yang dirugikan,” ujar Heru.
Fita Mutiara, salah satu peserta SBMPTN, merasa fasilitas di UIN Malang membuat dia nyaman. Suasana yang tenang membantunya untuk konsentrasi menjawab soal-soal. “Cuma tadi kaget saja saat dengar bel tanda ujian berakhir. Terlalu keras,” tambah gadis asal Kalimantan itu. (aqa/nd)

Lebih Lanjut »
RAGAM TEMA ENGLISH BAZAR
Jumat, 4 Mei 2018 . in Berita . 148 views
1481_bazar.jpg

GEMA-Mahasiswa jurusan non-Bahasa Inggris yang memprogram mata kuliah Bahasa Inggris turut serta meramaikan penutupan English Exposures & Bazaar, Jumat (4/5). Acara yang dihelat oleh Program Khusus Pengembangan Bahasa Inggris ini digelar di Gedung Sport Center. Mahasiswa perwakilan jurusan mengusung tema yang beragam.
Seperti yang terlihat di stan milik Jurusan PIAUD, yang banyak memamerkan kerajinan tangan. Karena beberapa tugas di jurusan yang mewajibkan pembuatan keterampilan, bazaar ini dijadikan wadah untuk menjual hasilnya.
Lain lagi di stan milik Jurusan Teknik Arsitektur. Selain memajang beberapa karya dari mata kuliah bidang studinya, mereka juga memajang beragam lukisan. Semua adalah karya tangan mahasiswa.
Berbeda lagi yang diperlihatkan oleh Jurusan Matematika. Mengusung tema Halloween, stan dihias serba gelap. Bahkan mahasiswa yang menjaga stan pun berkostum seram, seperti Hantu Valak dan Drakula. “Kami persiapkan ini selama dua minggu” tutur Dwi Miftahul Jannah.
Septia Dwi Jayanti, tim juri bazar, menyatakan panitia tak hanya melihat kreativitas yang diperlihatkan dalam penataan stan. Presentasi tema stan hingga kemampuan responsif peserta juga dijadikan faktor pertimbangan pemilihan juara. Kemampuan komunikatif peserta dan pengunjung stan pun diperhatikan panitia.
Pengunjung bazar, lanjut Septi, juga berkesempatan mendapatkan hadiah dari panitia. “Setiap bukti transaksi jual-beli nantinya akan diundi oleh panitia untuk diberi doorprize,” jelasnya. Cara ini dilakukan agar banyak mahasiswa yang berpartisipasi dalam acara tahunan PKPBI tersebut. (nd)

Lebih Lanjut »
PEDULI MASYARAKAT DENGAN DONOR DARAH
Kamis, 3 Mei 2018 . in Berita . 142 views
1480_ksrdarah.jpg

GEMA-UKM Korps Suka Rela-Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) UIN Malang menggalang acara sosial donor darah, Rabu (2/5). Acara yang ditujukan untuk membantu masyarakat ini dibuka untuk umum, di depan Gedung B.
Kegiatan donor darah bekerjasama dengan Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Kota Malang. Menurut Lilla, tim KSR-PMI, acara sosial ini rutin diadakan tiga kali setahun. Acara ini bersifat umum sehingga masyarakat sekitar kampus pun bisa berpartisipasi.
Tentu, lanjutnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pendonor selain mengisi formulir registrasi. Syarat-syarat tersebut ialah hemoglobin (Hb) harus standar 14-17, tensi darah normal dari 100-130, berat badan minimal 50 kg, serta tidak menstruasi bagi wanita.
Tim menyediakan 50 kantong darah. Kantong darah akan disetorkan ke UTD Kota Malang yang selanjutnya ditujukan ke Rumah Sakit Umum Syaiful Anwar. “Panitia membatasi 50 kantong darah karena darah tidak boleh terlalu lama di dalam penyimpanan sementara,” tutur Lilla menutup wawancara. (ofi/nd)

Lebih Lanjut »
FAKULTAS EKONOMI SIAPKAN SEMINAR NASIONAL-INTERNASIONAL
Kamis, 3 Mei 2018 . in Berita . 206 views
1479_fe.jpg

GEMA-Seminar dan Konferensi: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan 2018 akan segera dihelat Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tahun ini. Dalam dua hari (22-23/9), pihak FE akan mendatangkan pakar dan praktisi Ekonomi, yakni Dr. Adiwarman Karim (Karim Consulting), KH. Mahmud Ali Zein (UGT BMT Sidogiri), Prof. Ahmad Azrin Adnan (Malaysia), dan Dr. Ben-Roy Do (Taiwan).
Dari lingkup Indonesia, Dr. Adiwarman Karim diundang karena kontribusinya dalam dunia perbankan syariah. Pemikirannya banyak tertuang dalam bentuk tulisan lepas, jurnal, dan buku. Lulusan Boston dan Belgia ini sering menjadi pembicara hingga lingkup internasional. Ia sempat menjadi wakil Dirut Muamalat Institut hingga 2001. Ia juga pendiri The International Institute of Islamic Thought (IIIT), Karim Consulting Indonesia, dan membidani lahirnya unit syariah di sejumlah bank Indonesia. Saat ini ia dipercaya menjadi anggota Dewan Syariah Nasional MUI dan pengawas syariah pada perbankan syariah.
Selanjutnya, Pendiri UGT BMT Sidogiri, Pasuruan KH. Mahmud Ali Zain pun diundang. Dengan 280 cabang BMT yang tersebar di berbagai kota, kini omsetnya bisa mencapai puluhan triliun. Ia sempat menjadi anggota DPR dengan perolehan suara terbanyak (1.955.025 suara). Ia juga menjadi Dewan Pembina Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI). Saat ini ia menjadi Ketua Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri.
Dari luar negeri, panitia mengundang Prof. Ahmad Azrin Adnan dari Universitas Sultan Zaenal Abidin Malaysia dan Dr. Ben-Roy Do dari National Central University Taiwan. Sedangkan pemateri dari UIN Maliki Malang adalah Prof. Dr. Muhammad Djakfar dan Dr. Salim al Idrus.
Pihak panitia akan memilih lima peserta seminar nasional dengan call paper terbaik yang akan dipublikasikan dalam Jurnal Iqtishaduna atau MEC-J. Sedangkan bagi peserta seminar/call paper internasional akan dimasukan dalam proceeding terindeks Scopus. Adapun informasi selengkapnya dapat diakses di iconies.fe.uin-malang.ac.id dan email: iconies@uin-malang.ac.id. (us/nd)

Lebih Lanjut »

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144 Telp. +62 (341) 551-354
keyboard_arrow_up