PERAYAAN 1 MUHARRAM MILIK SEMUA KALANGAN
Iffatunnida Kamis, 11 Agustus 2022 . in Berita . 243 views
4159_sabron1.jpg


Catatan KKN: Jiharudin (Jurusan Psikologi, Semester 6)

UIN MALANG-Merayakan 1 Muharram, Tahun Baru Islam, sudah menjadi tradisi masyarakat Kampung Sabron Sari, Distrik Sentani Barat. Tahun ini, setelah pandemi lebih melandai, serangkaian acara dihelat, yakni doa bersama, jalan santai, dan tabligh akbar. Semua dilaksanakan di satu hari tepat 1 Muharram 1444 Hijriyah, Sabtu (30/7).
Meski identik dengan hari besar umat Muslim, namun masyarakat non-Muslim di Sabron Sari tidak merasa tersisihkan. Mereka bahkan juga berpartisipasi aktif, khususnya di acara jalan santai dan pembagian doorprize. Panitia menyiapkan hadiah yang beragam, mulai dari alat elektronik, hingga alat rumah tangga sederhana seperti spatula dan panci. Perayaan 1 Muharram di Sabron Sari yang tidak membeda-bedakan agama ini berlangsung meriah. Bahkan pemenang hadiah utamanya adalah warga beragama Kristen, Jembris Demo.
Gebyar 1 Muharram adalah salah satu program kerja mahasiswa peserta KKN-KNMB (Kolaborasi Nasional Moderasi Beragama) di Papua. Selamet Mujiono, salah satu peserta KKN-KNMB dari IAIN Fattahul Muluk, Papua didapuk menjadi penanggung jawab kegiatan. Ia dan tim pun mengadakan agenda tabligh akbar Sabron Sari Bersholawat bertema Sinergi Bersama dalam Jalinan Ukhuwah Islamiyah dan Wathoniyah. Agenda ini pertama kali diadakan di desa ini.

4160_sabron2.jpg


Menurut Kepala Kampung Sabron Sari, Marwan Hasyim, masyarakatnya sangat mengapresiasi inisiatif dari mahasiswa yang melakukan KKN di kampungnya. Tempat yang dipilih ialah Gedung Serbaguna Baya Marwan Hasyim yang biasanya hanya digunakan untuk acara kemasyarakatan dan kebudayaan.”Mantap sekali gedung ini dong pakai untuk acara keagamaan. Sa berharap semoga keberkahan gedung ini bertambah dan desa ini menjadi tempat yang rukun dan aman,” harapnya.
Tabligh akbar dimulai pukul 10.00 WIT. Shalawat Simtud Duror dibacakan Jiharudin, mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. sedangkan, ceramah keagamaan diisi oleh alumni IAIN Fattahul Muluk, Papua, Ustaz Hamam Nasiruddin, SH.
Maesaroh, Ketua Majelis Taklim Akhlakul Karimah juga merespon positif inisiatif dari mahasiswa KKN-KNMB ini. “Harapan dari sa untuk masyarakat Muslim di sini agar tergugah dong pu hati untuk rajin beribadah, bersilaturahmi, dan terkhusus rajin juga bershalawat,” tuturnya. (*/nd)

(INFOPUB)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up