UIN MALIKI GELAR PELATIHAN MENULIS ARTIKEL UNTUK JURNAL BEREPUTASI BAGI DOSEN PKPBI
Putut Wahyu Hardiyanto Rabu, 3 Agustus 2022 . in Berita . 161 views
4101_panitia.jpg

HUMAS-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar workshop atau pelatihan menulis artikel ilmiah untuk jurnal bereputasi. Agenda yang dipelopori oleh Unit Pusat Pengembangan Bahasa(P2B) melalui Program Khusus Pengembangan Bahasa Inggris(PKPBI) itu dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kualitas artikel atau karya tulis ilmiah para tenaga penddidik di UIN Maliki Malang. Workshop yang terjadwal selama dua hari dalam waktu yang terpisah(2 dan 8 Agustus) tersebut bertempat di ruang sidang, Lt.3 Gedung Rektorat dan diikuti oleh 40 peserta (dosen PKPBI).Selasa(2/8)

Dalam sambutannya sesaat sebelum membuka acara workshop tersebut, Direktur Pusat Pengembangan Bahasa UIN Maliki Malang, Prof. Dr. M. Abdul Hamid, MA menyampaikan bahwa sekarang ini dosen tidak hanya dituntut untuk mengajar para mahasiswa, tetapi juga harus mampu menulis artikel penelitian yang dapat dipublikasikan di jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional. Hal ini dilakukan karena sangat mendukung dan sejalan dengan visi kampus UIN Maliki menuju World Class University.

4103_panitia.jpg

Prof, Hamid begitu sapaan akrabnya ini juga menambahkan bahwa Pusat Pengembangan Bahasa sendiri telah memiliki jurnal yang terakreditasi sinta 4 dan 5. Hal tersebut menurutnya telah  cukup memberikan bukti bahwa para dosen mampu menghasilkan karya-karya tulisan ilmiah yang dapat dikonsumsi masyarakat luas. “Lha adanya wadah yang sudah disiapkan untuk mempublish artikel-artikelnya itu, maka diharapkan dapat lebih produktif dalam menulis artikel ilmiah,”ucapnya.

Selanjutnya, tidak tanggung-tanggung pada agenda di hari pertama ini, menghadirkan narasumber yang telah ahli di bidangnya yakni alumni Universitas Gajah Madja, Dr. Eric Kunto Aribowo, M.A. Dalam kesempatan ini, narasumber berfokus pada pemanfaatan aplikasi Pubish or Perish untuk mendukung penulisan artikel ilmiah. Aplikasi itu sangat membantu karena pengguna dapat dengan mudah mencari artikel dari metada (bukan fulltext) yang telah terhubung dengan database, seperti Crossref, Google Scholar, PubMed, Scopus, Semantic Scholar and Web of Science. Selain itu, peserta juga belajar strategi dan cara mencari referensi dengan benar, mengekspor hasil pencarian referensi dan mencari jurnal tujuan.

4104_panitia.jpg

Kemudian pada sesi berikutnya pemateri menjelaskan tentang penggunaan Reference Management Software (RMS) dan salah satu cara kerjanya cara kerjanya, yakni Zotero. Pemateri mempraktekkan zotero mulai dari cara menyimpan dan mengolah referensi, membuat kutipan di GoogleDocs hingga menemukan fulltext, menambah plug-in yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah.(alf/ptt)

(Hardianto)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up