UIN MALANG BERBAGI
Abadi Wijaya Senin, 8 Januari 2018 . in Berita . 512 views
1359_uin-berbagi.jpg

GEMA-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan bakti sosial melalui kegiatan yang diberi nama UIN Malang peduli. Rektor UIN Malang Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag menegaskan bahwa kegiatan amal tersebut rencananya akan dilakukan setiap bulan sekali tepatnya di laksanakan di Minggu pertama (5/1).
Kegiatan amal tersebut sudah yang kedua kalinya dilaksanakan di UIN Malang. Dana yang dikumpulkan berasal dari iuran secara sukarela dari para pimpinan maupun dosen UIN Malang. Tidak hanya itu, acara tersebut juga di suport oleh lembaga el-Zawa dan juga LP2M UIN Malang. “Insyaallah acara santunan ini akan dilaksanakan setiap bulan satu kali,” kata Prof. Haris, sapaan akrab Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag.
Kali ini ada 21 undangan yang terdiri dari duafa, dan fakir miskin. Kegiatan santunan ini akan diutamakan kepada masyarakat di sekitar kampus, dan akan terus bergulir dan digilir secara bergantian.
Kegiatan santunan ini, kata Prof, Haris, modalnya bukan diambil dari dana pemerintah yang bersumber dari dana DIPA atau PNBP. Akan tetapi murni iuran dari para dosen UIN Malang. “Saya berharap kegiatan mulia ini bisa terus berkelanjutan, dan semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat dan penuh berkah,” harapnya.
Di akhir sambutannya, Alumni UIN Malang itu mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan dan sekaligus memberikan peluang untuk menjadikan warga yang kurang mampu tersebut untuk membuka usaha kecil-kecilan. Soal dana, kata dia, bisa mengajukan permohonan bantuan pinjaman tanpa bunga kepada el-zawa. “Bapak ibu yang punya usaha atau ingin buka usaha dan terkendala modal, bisa mengajukan bantuan dana ke el-zawa secara langsung,” infonya mengakhiri.
Sementara itu, sebelum ditutup dengan doa oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Isroqunnajah. Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Zainuddin memberikan sedikit tausiahnya, dia menyampaikan bahwa menjalin silaturrahim itu sangatlah penting sekali. UIN Malang sejak awal kali berdiri hingga sebesar dan semegah ini sudah sering dikunjungi tamu dari luar negeri, misalnya saja dari timur tengah hingga negara Rusia dan Eropa.
Akan tetapi, ada yang kelupaan, justru tetangga dekatnya sendiri tidak bernah diundang untuk merajut tali silaturrahim seperti ini. Melalui kegiatan UIN Malang berbagi ini diharapkan semua warga di sekitar kampus UIN Malang ini bisa turut serta merasakan kenikmatan. Tetangga itu perlu di undang dan saling tegur sapa. Pasalnya, memuliakan tetangga itu sudah menjadi anjuran Rasulullah. Melalui kegiatan ini, UIN Malang ingin memulai kembali untuk merajut tali silaturahim dengan masyarakat sekitar, khusunya bagi mereka yang kurang mampu untuk dibantu.
“Dengan diundangnay para duafa dan fakir miskin ini untu saling berbagi rizki dan sekaligus saling mendoakan agar para dosen dan sivitas akademiak UIN Malang senantiasa diberikan panjang umur, ilmu yang manfaat, dan rezeki yang barkah,” harapnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up