WR II: PNBP HARUS DITINGKATKAN
Abadi Wijaya Rabu, 11 April 2018 . in Berita . 240 views
1448_wr2.jpg


GEMA-Dalam melakukan evaluasi kinerja dalam rapat pimpinan di Hotel Singhasari Batu, (10/4). Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Kepegawaian (AUPK), Dr. Ilfi Nur Diana, M.Si meminta seluruh pimpinan UIN Malang untuk terus meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) nya.
UIN Malang yang berlandaskan Badan Layanan Umum (BLU) ini harus terus meningkatkan pendapatan PNBPnya melalui peningkatan layanan kepada stake holder dan masyarakat. Perguruan tinggi yang memiliki kewajiban melaksanakan tridharma perguruan tinggi ini harus diwujudkan dalam bentuk nyata.
UIN Malang, saat ini sudah memiliki beberapa lahan bisnis yang bias digenjot untuk memberikan pendapatan. Misalnyasaja keberadaan rumah singgah di kampus II Kota Batu, armada transportasi bus dua unit, mesin percetakan, serta beberapa sumber pendaptan lainnya yang telh dikelola ole Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) UIN Malang.
“Semua sektor yang memiliki peluang bisnis harus dimanfaatkan semaksimal mungkin agar PNBP UIN Malang terus meningkat,” himbaunya.
Dampaknya, tambah dia, akan memberikan kesejahteraan baik bagi mahasiswa maupun bagi seluruh keluarga besar UIN Malang. Jika keuangan PNBP nya kuat, maka akan memberikan peluang bagi mahasiswa yang tidak mampu untuk bisa mengenyam pendidikan di UIN Malang akan semakin banyak. “Beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu bias dialokasikan dari dana PNBP,” terangnya.
Masih kata WR II, memberi peluang sebesar-besarnya tersebut sesuai dengan amanah negara bahwa setiap perguruan tinggi negeri harus mengalokasikan beasiswanya sebanyak 5 persen bagi mahasiswa yang kurang mampu. Sementara, UIN Malang mengalokasikan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu hingga 15 persen. “Data tersebut menunjukkan bahwa UIN Malang telah menjalankan amanah negara tersebut lebih dari apa yang ditargetkan pemerintah,” paparnya.
Menentukan jumlah beasiswa tersebut, kata dia, didasarkan pada penghasilan UIN Malang yang bersumber dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Sistem digitalisasi kampus saat ini sangat dibutuhkan bagi UIN Malang, sehingga semua kegiatan dan administrasi bisa terintegrasi. Meskipun tidak bisa terlaksana tahun ini, diupayakan tahun depan. “Ini perencanaan harus mengalokasikan anggaran untuk membuat sistem digitalisasi tersebut,” harapnya.

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up