HARI INI, UM-PTKIN SERENTAK DI SELURUH INDONESIA
Abadi Wijaya Selasa, 22 Mei 2018 . in Berita . 611 views
1503_ujian-umptkin-serentak.jpg
PANTAU LANGSUNG: WR I Dr. Zainuddin, MA memantau pelaksanaan ujian UM-PTKIN di gedung B Lt.1 (22/5).


GEMA-Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi jalur UM-PTKIN hari ini, Selasa (22/5) serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Jumlah total PTKIN se-Indonesia yang mengikuti jalur ujian tersebut sejumlah 55 perguruan tinggi. Dari jalur seleksi UM-PTKIN ini ada dua kategori ujian, yaitu ujian tulis dan computer based test (CBT). Khusus untuk CBT UM-PTKIN tersedia 3580 kursi di seluruh PTKIN se Indonesia.
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, salah satu perguruan tinggi yang mengikuti jalur ujian UM-PTKIN tersebut. Tahun ini yang mengikuti ujian di UIN Malang berjumlah 2397 peserta dengan rincian IPA 66, IPS 2016, IPC 135 dan CBT 180 peserta. Khusus untuk ujian CBT berada di Lab Komputer Fakultas Saintek Lt.3.
Ketua Pelaksana ujian UM-PTKIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dr. Zainuddin, MA menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian UM-PTKIN tahun ini sangat lancar dan sesuia dengan prosedur. “Alhamdulillah, hasil sidak di lapangan semua peserta ujian UM-PTKIN dilayani dengan baik, sehingga pelaksananya berjalan dengan kondusif dan tertib,” paparnya saat di temua di lokasi uijian.
Zainuddin menjelaskan bahwa, tahun ini UIN Malang memiliki tujuh jalur yaitu jalur SNMPTN, SPAN PTKIN, SBMPTN, UMPTKIN, Jalur Mandiri Tulis, Jalur Prestasi dan Mahasiswa Asing. “UM-PTKIN merupakan jalur yang ke empat di UIN Malang,” paparnya.
Sementara itu, Salah satu peserta asal Jombang, Miftahul Ulum saat ditanya soal isi ujian menjelsakan bahwa secara keseluruhan soal yang diujikan cukup sulit. Akan tetapi, ada beberapa soal yang bisa dijawab dengan baik. “Saya sedikit kesulitan menjawab soal yang jawabannya banyak mengecohkan konsentrasi saya khusunya bahasa Arab,” paparnya.

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up