KELAS PENELITIAN BERSAMA DR. DOROTHEE
Abadi Wijaya Kamis, 13 September 2018 . in Berita . 142 views
1614_doroti.jpg
PROFESIONAL: DR. Dorothee Schulze dari German University saat menyampaikan materi penelitian di Fakultas Syariah UIN Maliki Malang. Senin (10/9).


GEMA-Fakultas Syariah Jurusan Al Ahwal Al Syahsiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Mengadakan kelas penelitian bersama DR. Dorothee Schulze German University, Senin (10/9). Kelas ini dilaksanakan di ruang sidang Fakultas Syariah Lt. 1. Diikuti oleh mahasiswa International Class Program Al Ahwal Al Syahsiyah.
Dorothee mejelaskan bahwa setiap mahasiswa harus memahami beberapa unsur penting sebelum penelitian itu dilakukan. Salah satunya harus ada unsur menarik pembaca, hal baru, dan measurable atau dapat terukur. “Penelitian harus dapat memberikan kesan menarik terhadap pembaca,” ungkap Hakim Jerman yang penuh pengalaman ini. Sehingga judul penelitian adalah permasalahan hukum baru dimana belum terdapat penyelesaian konkret sebelumnya.
Konsultan Hakim senior Jerman ini, juga menjelaskan unsur-unsur yang harus difahami bagi setiap mahasiswa dalam melakukan penelitian. Diawali dengan database pengumpulan data, dapat juga didapatkan dari komunitas penelitian dunia.
Manufacturing an expose pembuatan proposal, outline menjelaskan penelitan secara garis besar. Distinguish memilih dan memilah bagian yang akan diteliti.
Saintific discourse membuat pendekatan secara keilmuan dan teoritis. Correct citation membubuhkan sumber rujukan secara jelas. Dan unsur terakhir yang tidak kalah penting yaitu time schedule membuat jadwal untuk melaksanakan penelitian tersebut. “Semua tahapan itu harus dilakukan dengan penuh tanggungjawab agar penelitian yang dihasilkan menarik dan bisa memberikan data kongkrit bagi pembaca,” paparnya.
Harapan Dorothee dalam kelas penelitian ini, mahasiswa dapat mengaplikasikan disiplin ilmu yang ada dengan konsisten. Untuk menciptakan peneliti yang ahli bertaraf internasional. “Konsistensi itu harus dimiliki oleh para peniti,” pungkasnya. (ofi)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up