AL MAKIN: MENULIS JURNAL TAK PERLU CERDAS!
Abadi Wijaya Jumat, 5 Oktober 2018 . in Berita . 180 views

 

1641_prof-makin.jpg
Prof. Al Makin saat menjadi narasumber dalam Workshop Tata Kelola Jurnal di Rumah Jurnal Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Jumat (5/10)

GEMA-Hari ini, Workshop Tata Kelola Jurnal yang diinisiasi Jurnal Ulul Albab sampai pada hari ketiga, Jumat (5/10). Pelatihan yang dilakukan selama tiga hari ini dilaksanakan di Rumah Jurnal Perpustakaan UIN Maliki Malang. Sebagai akhir pelatihan, Prof. Al Makin ditunjuk untuk memberikan materi pamungkas.

 “Untuk menulis jurnal tidak perlu orang cerdas!” tegas lulusan McGill University Canada ini. Menurutnya, seorang penulis jurnal tidak membutuhkan kecerdasan. Syarat untuk menulis jurnal ada tiga. Ketiga hal inilah yang menjadi dasar bagi seorang penulis sekaligus ilmuan. Tiga syarat ini adalah sabar, ikhlas, dan tawakkal. “Berbekal tiga hal inilah yang akan menjadikan penulis hebat,” tutur lulusan Ph.D Universitat Heidelberg German ini.

“Menulis jurnal memiliki dua hal penting, riset dan literatur,” lanjutnya. Sayangnya, dalam jurnal yang telah terakreditasi Sinta, kedua hal ini kurang diperhatikan. Riset dapat berupa kajian perpustakaan, manuskrip, arkeologi, lapangan, atau berupa dokumen. Begitu pula literatur, literatur terbagi menjadi dua, primer dan sekunder. Literatur primer berseumber dari data penelitian. Sedangkan literatur sekunder berasal dari jurnal dan buku ter-update. (nhl)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up