MENAG BUKA RESMI ICON-UCE 2018
Abadi Wijaya Selasa, 9 Oktober 2018 . in Berita . 113 views
1643_fix-menag.jpg
Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama RI bersama Abd. Haris Rektor UIN Malang saat membuka International Conference on University-Community Engagement (ICON-UCE) 2018, Senin (8/10)

GEMA-Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi tuan rumah International Conference on University-Community Engagement (ICON-UCE) 2018, Senin (8/10). Gelaran ini menjadi ajang berbagi pengalaman, sharing, dan diskusi tentang pengaruh perguruan tinggi dalam membangun masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh civitas akademika perguruan tinggi khususnya perguruan tinggi keagamaan islam. Acara ini dihadiri langsung oleh Lukman Hakim Saifuddin Menteri Agama RI dan Kamaruddin Amin Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.  

            ICON-UCE tahun ini tampil dengan tema From Research to Advocacy: Building Synergy between University and Community for Social Justice. Tema  bertujuan untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian ini berbasis pada penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat di masyarakat secara langsung.

“Masyarakat harus benar-benar terlibat dan menjadi subjek dalam suatu penelitian,” tegas Lukman dalam sambutannya. Hal fatal yang dilakukan dalam penelitian adalah ketika peneliti tidak menjadikan masyarakat sebagai subjek penelitiannya. Menurutnya, tujuan dari penelitian adalah untuk menegakkan hukum, keadilan sosial, dan mengatasi problematika yang terus berkembang di tengah masyarakat masyarakat.

            “Peneliti Perlu memperbanyak empirical research dibandingkan dengan library research,” tambah pria kelahiran Jakarta ini. Menurut Lukman,  masyarakat memiliki dua masalah dari hasil penelitian itu sendiri. Pertama kurang adanya publikasi yang menyeluruh.Kedua peneliti belum mengadakan penelitian menyangkut masalah yang sedang terjadi dalam masyarakat.

            “Semoga kegiatan penelitian ini dapat selalu dinamis,” harap Menteri Agama yang menjabat sejak Juni 2014 ini. Kajian jurnal tidak boleh mati tanpa adanya perubahan dalam hal-hal baik dalam membangun bersama masyarakat bangsa.(ofi/nhl)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up