KHOIRUL: KONSISTENSI PENGELOLA SYARAT AKREDITASI
Abadi Wijaya Kamis, 4 Oktober 2018 . in Berita . 105 views
1640_bu-irul.jpg
Khoirul Hidayah Editor in Chief Jurnal Ulul Albab saat memberikan materi Workshop Tata Kelola Jurnal di Rumah Jurnal Perpustakaan UIN Malang, Kamis (4/10)

GEMA-Workshop Tata Kelola Jurnal dilanjutkan dengan assessment tata kelola jurnal. Materi yang akan mendampingi setiap jurnal untuk melakukan perbaikan ini akan diisi oleh Khoirul Hidayah. Editor in Chief Jurnal Ulul Albab UIN Malang ini akan mengawali materi pada hari kedua ini, Kamis (4/10).

“Konsistensi pengelola adalah hal utama untuk mengajukan akreditasi,” terang Khoirul. Dosen Fakultas Syariah ini menegaskan bahwa konsistensi pengelola dalam menyajikan jurnalnya perlu diperhatikan. Konsistensi ini meliputi banyak aspek, seperti jenis font, ukuran font, pilihan layout dan template. Sehingga setiap jurnal yang akan dipublikasikan memiliki sebuah standar baku yang seragam. Pengelola diharapkan untuk dapat mematuhi aturan ini saat menerima naskah. Akhirnya, setiap jurnal yang diterbitkan akan  sesuai dan seragamtidak berubah-ubah.

“Terdapat sebuah kasus menarik, bahwa pernah ada seorang author yang mengirimkan naskahnya ke beberapa jurnal,” jelasnya mencontohkan. Di sela materinya, Wakil Dekan 2 Fakultas Syariah ini memberikan contoh nyata. Jika terdapat masalah seperti ini, maka konsistensi pengelola dalam melakukan review perlu ditingkatkan. “Jika pengelola telah konsisten dengan tata kelolanya, masalah demikian dapat dihindari,” terang penulis yang telah ber-ID Scopus ini. (nhl)

 

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up