SIAPKAN CALON PENGABDI MASYARAKAT
Abadi Wijaya Senin, 15 Oktober 2018 . in Berita . 719 views
1656_mufida.jpg


GEMA-Pengabdian adalah salah satu unsur dari Tridharma Perguruan Tinggi, untuk merubah suatu peradaban dalam komunitas masyarakat. Prof. Hj. Mufidah Ch, M.Ag. mengadakan pelatihan posdaya masjid dibantu dengan tim fasilitator Lingkar Masjid. Sabtu, (13-14,20/10). Kegiatan ini diselenggrakan di ged. D Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pelatihan ini diikuti oleh 37 peserta dari Jurusan Hukum Keluarga semester lima.
Kegaitan ini diadakan dalam bentuk syukur, oleh Dosen yang akrab disapa dengan ibu Mufidah dalam pencapainya mendapatkan gelar Profesor. Tanpa pungutan biaya sepeserpun dari mahasiswa. “Profesor adalah langkah baru untuk memulai,” ucap dosen ahli bidang hukum sosial ini.
Dalam paparan materinya prof. Mufidah menyampaikan tujuan dari kegiatan pelatihan ini untuk mengenalkan dan memahamkan mahasiswa cara menjadi pengabdi masyarakat yang baik, benar, dan produktif. Melalui relawan-relawan dan fasilitator dengan menghadapi masyarakat secara langsung. Sehingga kesejahteraan, mutu hidup masyarakat, dan meningktakan taraf hidup masyarakat dengan merealisasikan pada potensi-potensi yang ada. Menjadi harapan dan hasil yang diinginkan dari kegiatan ini.
Acara ini dikemas secara bertahap dimulai dengan memberikan pengetahuan akan dasar-dasar comminity development, analisis sosial, pendekatan pengembangan masyarakat, advokasi masyarakat, kepemimpinan dan sociopreneur, manajemen masjid, keterampilan penggunaan instrumen pendampingan, dan studi lapang. Sehingga mahasiswa tidak hanya sekedar memahami teori yang telah difahami, namun langsung diterapkan pada komunitas masyarakat.
Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan studi lapang penerapan hasil teori pelatihan pada 26-28 Oktober, dan ditutup dengan seminar hasil pada 03-04 November. (ofi)

(Ajay)


Berita Terkait


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Jalan Gajayana No. 50 Malang 65144
Telp: +62-341 551-354 | Email : info@uin-malang.ac.id

facebook twitter instagram youtube
keyboard_arrow_up